lobsterLobster air tawar (LAT) pernah menjadi booming dan menawarkan peluang bisnis yang menggiurkan. Namun saat ini popularitas Lobster Air Tawar mulai menurun dan relatif stagnan. Produktifitas budidaya Lobster air tawar memang banyak dilakukan pada pembibitan karena tidak memerlukan lahan yang luas, sedangkan pembesaran Lobster air tawar memerlukan kolam tanah yang cukup luas dan memerlukan waktu sekitar 6 bulan. Selain itu faktor iming-iming keuntungan yang menggiurkan dari pembibitan Lobster ini menjadi pemicu booming ternak Lobster.
Konsumsi Lobster saat ini memang masih sangat terbatas dan belum menjadi makanan yang umum di masyarakat. Wajar jika produksinya juga belum banyak, belum lagi harga lobster yang cukup tinggi membuat minat makanan lobster air tawar kurang. Bandingkan harga lobster yang mencapai seratusan ribu ribu lebih dengan udang windu yang hanya 40-an ribu. Selain itu saat ini kebutuhan Lobster banyak dipenuhi dari Lobster air laut hasil tangkapan nelayan.

Dalam kondisi tertentu hasil tangkapan ini akan semakin sulit jika permintaan terus naik. Sebagai alternatifnya maka ternak Lobster Air Tawar (LAT) menjadi pilihan. Meski saat ini bisnis pembesaran Lobster Air Tawar ini belum begitu menggairahkan ,namun jika anda memiliki ketertarikan melakukan budidaya lobster air tawar utamanya untuk pembesaran , ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan agar lobster bisa cepat besar dan tumbuh dengan sempurna.

Berikut Tips TernakĀ  Air Lobster Tawar agar cepat besar dan tumbuh ideal:

Advertisements

1. Oksigen yang cukup pada kolam, ini bisa dilakukan dengan menambah aerasi atau aliran air pada kolam.
2. Kolam tanah adalah tempat yang baik bagi pertumbuhan lobster.
3. Pemilihan bibit yang berkualitas, yaitu dari keturunan lobster yang bisa besar, sehat dan tidak dari hasil perkawinan sedarah (inbreeding). Bibit lobster untuk pembesaran biasanya dipelihara mulai ukuran 2 Inchi.
4. Ada baiknya dipisahkan antara lobster jantan dan betina agar tidak kawin selama dibesarkan.
5. Berikan pakan lobster yang mengandung protein tinggi, pakan alami misal cacing sutra, keong mas cacah lebih mempercepat pertumbuhan lobster.
6. Suhu air kolam antara 26 sampai 31 derajat Celcius.
7. Masa panen sekitar 6 bulan dari bibit 2 Inchi akan menghasilkan Lobster air Tawar 1 kg berisi 10 sampai 12 ekor. Pada usia 3 bulan biasanya ada yang melakukan panen, tapi ukuran masih terlalu kecil untuk konsumsi

Incoming search terms:

  • masa panen lobster air tawar
  • harga lobster air tawar 2013
  • usia panen lobster air tawar
  • umur panen lobster air tawar

Advertisements