Advertisements
Advertisements

Peluang usaha 2013 tentu akan menjadi target para enterpreneur untuk membuat usaha tahun 2013 yang diminati oleh pasar. Berbagai analisa kelayakan bisnis dibuat agar usaha pada tahun 2013 menjadi efektif dan efisien sehingga mendatangkan laba yang sebesar-besarnya.
Investasi jangka pendek yang mendatangkan laba secepatnya ataupun investasi jangka menengah dan jangka panjang mulai dilirik oleh investor maupun enterpreneur agar tidak ketinggalan memanfaatkan peluang usaha 2013.

Kami yang bergerak dibidang per gaharu an tentu akan sangat menyarankan usaha dibidang gaharu sebagai peluang usaha 2013. Hal ini bukan tanpa alasan, karena gaharu yang merupakan Hasil Hutan Bukan Kayu memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi sehingga bisa mendatangkan laba yang sangat berlipat ganda. Usaha gaharu bisa dilakukan untuk investasi jangka pendek yaitu kurang dari 1 tahun seperti jual beli gaharu alami ataupun pembibitan gaharu yang semakin lama semakin diminati oleh investor besar.

Usaha jangka menengah pun dapat kita lakukan dalam usaha gaharu ini dan ini biasanya dilakukan oleh investor atau petani yang memiliki visi kedepan. Penanaman bibit gaharu baik secara monokultur maupun tumpang sari menjadi pilihan investasi jangka menengah dan tentu ini menjadi pilihan peluang usaha 2013 yang akan kita lakukan.

Ada beberapa alasan mengapa gaharu menjadi peluang usaha pada tahun 2013, yaitu antara lain :

Selin minyak mentah dan gas, hasil hutan bukan kayu (HHBK) merupakan salah satu komoditas terbesar yang diperdagangkan di dunia saat ini. Gaharu adalah komoditas yang tidak terpengaruh oleh inflasi, karena kalau seandainya harga gaharu turun secara global maka kita dapat menunda masa panennya dan menurut pengusaha gaharu sampai dengan saat ini harga gaharu tidak pernah turun secara signifikan.

Komoditas hasil hutan bukan kayu khususnya gaharu selalu mengalami kenaikan permintaan setiap tahunnya. Kok bisa? Karena perbandingan tingkat demand dan supply, jauh lebih besar demand, sehingga harga gaharu stabil dan naik. Quota gaharu alam yang setiap tahunnya diberikan kepada Indonesia tidak pernah terpenuhi.
Penebangan pohon besar-besaran terjadi di dunia, setiap harinya di hutan alam ada kira-kira seluas lapangan sepak bola hilang, dan jumlah ini mencapai total 13 juta hektar per tahunnya. Sehingga dengan kita menanam kayu khususnya gaharu, maka kita turut melakukan perubahan yang dimulai dari diri kita sendiri sembari berinvestasi juga mengurangi global warming saat ini.
Muda menanam, maka tua akan memanen. Pepatah ini sangat tepat untuk kita semua. Penanaman bibit gaharu tidak harus banyak (banyak lebih baik) karena keuntungan yang akan kita dapat melebihi apa yang kita bayangkan.

Dan masih banyak keunggulan lain yang kita peroleh dengan menanam gaharu. Berdasarkan penjelasan tersebut maka sudah selayaknya gaharu menjadi peluang usaha 2013. Jadi masih bingung mencari peluang usaha 2013 ?

Incoming search terms:

  • gaharu merang
  • kelapa sawit tumpang sari gaharu
  • penyubur daun garu dan peninggi batang
  • Pupuk penyubur garu
  • pupuk untuk karet dan kayu gaharu
  • tanaman gaharu tumpang sari dengan kelapa sawit