ikan masJamur-penyakit terkait adalah salah satu penyebab utama kematian pada ikan mas baik secara langsung maupun tidak langsung. Jamur hadir pada tingkat yang berbeda dalam tangki setiap saat, tetapi jumlah yang hadir jamur dan kondisi kesehatan ikan mas akan menentukan apakah ikan terinfeksi atau tidak. Untungnya, jamur mudah untuk mencegah dan mengobati dalam kasus di mana itu didiagnosis pada tahap awal.

Penyebab

Jamur jarang menjadi masalah dengan ikan mas jika tank mereka terawat dengan baik. Air kotor sering membawa pada pertumbuhan Saprolegnia dan achlya, yang merupakan dua organisme jamur yang paling umum dalam tangki. Ikan mas yang sehat biasanya cukup kuat untuk menangkis efek dari jamur, tetapi mereka yang kesehatannya telah dikompromikan rentan terhadap pertumbuhan jamur. Setelah terinfeksi, jamur feed dengan menggunakan enzim untuk mencerna daging ikan dan melepaskan spora ke dalam air untuk mereproduksi, sehingga mengulangi siklus jika tidak diobati.

Gejala

Gejala infeksi jamur pada ikan mas yang sangat jelas dan terlihat tidak seperti penyakit lainnya. Jamur sering menampilkan dirinya sebagai pertumbuhan berbulu putih pada kulit atau insang tetapi dapat sedikit berbeda dalam warna warna keabu-abuan. Jika jamur ini tidak diobati, mungkin berubah menjadi bahan berlendir yang akan mencakup seluruh tubuh ikan mas. Selain gejala sedap dipandang, ikan mas bisa menjadi lesu dan menunjukkan gejala tambahan yang terkait dengan penyakit lain yang mendasari.

Advertisements

Penyakit Terkait

Jamur ini sering berhubungan atau terkait dengan penyakit lain atau kondisi dalam ikan mas. Salah satu penyebab paling umum adalah terkait cedera. Jamur akan mulai tumbuh di dekat luka dan perlahan-lahan menyebar ke seluruh tubuh. Finrot adalah situasi lain yang dapat membawa pada infeksi jamur. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri makan di sirip ikan, yang akhirnya memberikan ikan penampilan membusuk. Jamur dalam tangki kotor akan mengambil kesempatan ini untuk menginfeksi situs membusuk.

Pengobatan

Jamur mudah untuk mengobati pada tahap-tahap sebelumnya. Sebagian besar toko hewan peliharaan dan klinik hewan menjual solusi anti jamur, seperti biru metilen, untuk pengobatan jamur. Hal ini ditambahkan ke air dalam jumlah kecil untuk membunuh jamur ini. Ikan yang mati benar-benar buruk harus diisolasi dari ikan lainnya dan disimpan dalam air bersih sampai sembuh. Dalam beberapa kasus di mana pengobatan tidak berhasil, ikan mas mungkin terinfeksi dengan kondisi lain seperti kapas-wol penyakit dan harus diperlakukan sesuai.

Pencegahan

Pemeliharaan tangki adalah nomor satu langkah dalam mencegah infeksi jamur dari terjadi. Sebuah tangki bersih tidak hanya akan menjaga kadar jamur dalam air minimal, tetapi juga mencegah kondisi lain yang dapat berkontribusi terhadap jamur. Sebuah tangki yang dibersihkan mingguan memadai harus mencegah jamur dan penumpukan limbah di air.

Incoming search terms:

  • cara menghilangkan jamur pada ikan koki
  • obat ikan koki jamuran
  • cara mengobati jamur pada ikan koki
  • obat jamur ikan koki
  • obat jamur ikan mas koki
  • obat jamur ikan mas
  • obat ikan jamuran
  • jamur pada ikan koki
  • Jamur pada ikan mas koki
  • cara mengobati ikan mas koki yang terkena jamur

Advertisements