Investasi Masa Depan Kebun Sawit: Pembukaan Kebun Sawit Baru

Pembukaan Kebun Sawit Baru

Tidak terasa ternyata sudah tiga tahun lebih blog ini  tidak ter-update. Selama itu pula saya berjibaku dengan urusan perluasan kebun milik saya pribadi. Maklum, saya sendiri harus turun tangan semua pekerjaan mulai dari pembersihan lahan, pencarian bibit, penanaman dan perawatan awal. Pekerjaan-pekerjaan itu harus mendapat perhatian khusus, karena pekerjan-pekerjaan itulah yang menentukan kualitas kebun kedepannya.
Lahan yang dibersihkan secara mekanis harus benar-benar terencana dan mempertimbangkan jarak tanam pohon sawit. Karena bila tidak dikerjakan dengan benar, maka akan menyulitkan diri sendiri pada waktu penanaman dan perawatan.
Bibit adalah sebenarnya hal yang  terpenting. Untuk lahan ini saya membeli dari pembibitan Topaz. Ternyata bibit ini tidak mengecewakan, karena baru ditanam 11 bulan sudah mengeluarkan bunga (dompet)… bukan promosi loh… Menurut yang saya lihat, bibit jenis ini sudah berproduksi umur 3 tahun….
Mulai penanaman hingga masa 1 tahun kedepan adalah masa perawatan. Pada lobang tanam saya beri pupuk dasar berupa RP. Dan selama perawatan ini saya mengadakan pemeriksaan terhadap bibit yang rusak, sakit, mati, baik akibat penyakit tanaman maupun akibat hama. Bibit yang tidak memungkinkan untuk kembali baik segera saya ganti agar tidak terlambat pertumbuhannya dari yang lain…
Cukup sibuk dan melelahkan memang…. Tapi sepadan dengan hasil yang  diharapkan….

Advertisements
Advertisements