JAKARTA, KOMPAS.com – Harga karet berjangka di bursa Tokyo pada perdagangan Selasa (22/1/2013), meningkat tajam. Bank sentral Jepang memutuskan untuk melipatgandakan target inflasi di Jepang menjadi 2 persen, sesuai dengan permintaan dari PM Shinzo Abe.

Harga karet berjangka untuk kontrak Juni mengalami kenaikan sebesar 0,9 persen dan berada di posisi 314, 5 yen per kilogram (3. 507 dolar AS per ton).

Stimulus Jepang telah berdampak bagi pelemahan Yen, sehingga meningkatkan antusiasme publik dalam membeli komoditas, yang diperdagangkan dalam yen.

Penasihat Gabungan Pengusaha Karet Indonesia, Asril Sutan Amir, mengatakan, kenaikan harga di pasar internasional seharusnya bisa dimanfaatkan para peta ni karet untuk memacu produksi.

Indonesia menjadi salah satu produsen karet terbesar di dunia, bersama Malaysia dan Thailand.

Berdasarkan data ITRC, total produksi karet dari tiga negara ini mencakup 67 persen dari total produksi dunia, dan ekspornya sebesar 86 persen dari total ekspor dunia.

Pada tahun 2011, Indonesia menghasilkan karet alam sekitar 3 juta ton atau 27 persen dari total produksi ITRC. Sebanyak 85 persen dari total produksi karet alam nasional Indonesia diekspor, dengan nilai mencapai lebih dari 11,7 miliar dollar AS pada tahun 2011.

Editor :
Agus Mulyadi
Sumber : www.kompas.com