REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Harga rendah masih membayangi komoditas karet. Dari sebelumnya mencapai 5 dolar AS, kini harga karet terpuruk mencapai kisaran 2,4 dolar AS.

Ketua Umum  Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo), Daud Husni Bastari mengatakan penurunan ini sedikit banyak akibat perang kurs dolar AS dan yen terhadap rupiah. Penyebab lain, yaitu  permintaan menurun karena semua negara menyesuikan sikap dengan krisis ekonomi dunia. “Jadi permasalahannya banyak di luar konteks produksi,” ujarnya ditemui di Gedung DPR-RI, Kamis (13/6).

Advertisements

Harga karet diperkirakan kembali stabil ketika ekonomi dunia ikut membaik. Namun Daud mengakui sulit mengembalikan harga karet seperti semula, yaitu dalam kisaran 5 dolar AS. Menurutnya, dibutuhkan waktu yang lama jika ingin mengembalikan harga karet seperti sebelum krisis.  “Jadi kalau kita lihat apabila kurs kita sudah tenang kembali, lalu yen dan dolar AS kembali dalam posisi yang seharusnya, harga karet akan kembali dalam keseimbangan,” ujarnya.

Di sisi lainnya, industri otomatif yang tumbuh memberikan harapan baru bagi pengusaha karet. Di setiap negara, kata dia, pemakaian ban sangat berkolerasi positif dengan GDP.

Gapkindo hingga saat ini masih berkomitmen untuk terus membeli karet rakyat untuk diolah dan diproses sebgai komoditas dagang. Namun diakui volume pembelian tidak besar, dibandingkan sebelumnya menurun. Karet Indonesia selama ini dikenal ramah lingkungan karena diproses tanpa menggunakan pertisida, herbisida dan pupuk perangsang untuk mendongkrak hasil produksi.

Saat ini Gapkindo khawatir dengan cepatnya penanaman karet di India, Thailand, Vietnam dan Kamboja. Dengan kondisi demikian, artinya terdapat daerah baru  penghasil karet. Saat ini Indonesia bersama Thailand dan Malaysia tergabung dalam International Tripartite Rubber Council (ITRC) dalam mengembangkan pasar karet regional. “Kami berharap pemerintah RI mendorong peningkatan ITRC hingga ke tingkat ASEAN, sehingga Vietnam dan lainnya itu ikut bertanggung jawab terhadap suplai, jangan jadi free rider,” ujar Daud.

Tahun ini diperkirakan produksi karet menurun sekitar 200 ribu ton akibat datangnya musim kemarau basah. Tahun lalu produksi mencapai 2,5 juta ton. Mendekati kuartal pertama, produksi karet alam mencapai 1,1 juta hingga 1,5 juta ton. “Konsumsi dalam negri mencapai 500 ribu ton,” ujarnya.

Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin)  Benny Wachjudi mengatakan potensi perkembangan industri karet masih sangat besar. Saat ini produksi karet cukup besar, mencapai 1 ton per hektare (ha). Karakter karet Indonesia  yang ramah lingkungan bisa dikembangkan untuk menggaet pasar.

Sementara itu, pemerintah juga perlu membantu menggembangkan merk lokal. “Merk lokal harus dibantu dengan insentif pajak,” tambah Dirjen Basis Industri Manufaktur Kemenperin, Panggah Susanto saat rapat panitia kerja di Komisi VI DPR RI, Kamis (13/6).

Reporter : Meiliani Fauziah
Redaktur :
Nidia Zuraya

Sumber : http://www.republika.co.id

Bagi Yang Ingin Hasil Produksi Getah Karet nya Meningkat Kami Punya Solusinya
pupukkaretrajalatex-131x300

Untuk Harga dan pemesanan Hubungi Cs Kami Segera dengan mengirim sms di 087899161334 / 081278351356 – bapak royan ( sms only – no call)

Minimum Order 2 botol

Raja Latex Pluss – Rajanya Pupuk Karet – 1 botol untuk 2000 batang karet

VITAMIN BATANG KARET

Hasilkan Getah Karet 40 hingga 70 % dijamin

Kelebihan Pupuk Karet Raja Latex Pluss

– Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Perubahan setelah pakai Raja Latex Pluss

  1. Pengeluaran getah Luar Biasa, kental, berbobot dan tidak bau
  2. Daun hijau alami tidak keriting, kulit lembut tidak keras dan mudah disadap.
  3. Yang mati getah tidak sampai 50 hari sudah normal, perbedaan obat lain biasanya daun kering dan kulit keras.

Pohon Karet Yang Sudah Tua

Produksi getah karet pada pohon karet yang sudah tua akan menurun pada pohon yang berusia 25 – 30 tahun. Tetapi Menggunakan raja latex pluss mendorong mengeluarkan getah latex dengan SEMPURNA dan LUAR BIASA.

Cara Pemakaian Raja Latex Pluss – Aplikasi untuk 2000 – 2500 batang

  • Siapkan air 4 – 5 liter
  • Satu botol kemasan 250 ml. Kocok-kocok terlebih dahulu sebelum dicampur air.
  • Kemudian campurkan 1 botol kemasan 250 ml selanjutnya diaduk secara perlahan. Dengan demikian telah siap untuk dipoleskan ketempat yang sudah di toreh.
  • Celupkan kuas atau sikat kedalam wadah yang sudah dicampurkan dan sapu perlahan dibagian yang sudah ditoreh. Ratakan sapuan supaya dapat diserap menyeluruh. biarkan 1 hari (24 jam) sebelum mulai menoreh (di istirahatkan sehari sebelum ditoreh) Ulangi setelah 10 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal dan memuaskan.

Catatan : untuk pemakaian satu hektar, ( 600 batang ) cukup satu botol AQUA ukuran 1 Liter, campurkan 4 – 5 tutup botol raja latex, kocok terlebih dahulu untuk hasil maksimal.

Hal yang perlu diperhatikan pada pemberian Raja Latex Pluss

kondisi tanaman subur, lebat daun, tidak lagi musim gugur daun dan pembentukan daun muda. Umur 5 tahun keatas. Bidang sadap baik daun lebat tidak kekurangan harasistem sadap dan kurang dari 100 %

Kandungan Pupuk : ethepon 48 %, vitamin batang – daun : 17 – 40 %

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Rajalatexpluss, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan rajalatexpluss, 2botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk NPK ke Anda. Proses persiapan dan pada saat pengiriman membutuhkan waktu 3 hari setelah pembayaran.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Kata Kunci : , , , , , , , , , .

Advertisements