Jenis – Jenis Kelapa Sawit. Bagi anda yang ingin menanam kelapa sawit sebaiknya anda mengenal dulu jenis – jenis kelapa sawit, Dalam artikel ini akan dibahas mengenai hal tersebut secara sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

Jenis Kelapa Sawit

Advertisements

Guna menjamin keberhasilan pengembangan kelapa sawit diperlukan penyediaan bahan tanaman yang baik dan bermutu dalam jumlah yang memadai. Ada 3 (tiga) jenis kelapa sawit yang dibudidayakan yaitu Pisifera, Dura dan Tenera. Jenis yang terakhir ini banyak diusahakan oleh perusahaan maupun petani.

Adapun “jenis kelapa sawit” berdasarkan ketebalan daging buahnya adalah :

1. Dura

Dura merupakan sawit yang buahnya memiliki cangkang tebal sehingga dianggap memperpendek umur mesin pengolah namun biasanya tandan buahnya besar-besar dan kandungan minyak per tandannya berkisar 18%.

2. Psifera

Pisifera buahnya tidak memiliki cangkang namun bunga betinanya steril sehingga sangat jarang menghasilkan buah.

3. Tenera

Tenera adalah persilangan antara induk Dura dan jantan Pisifera. Jenis ini dianggap bibit unggul sebab melengkapi kekurangan masing-masing induk dengan sifat cangkang buah tipis namun bunga betinanya tetap fertil. Beberapa tenera unggul memiliki persentase daging per buahnya mencapai 90% dan kandungan minyak per tandannya dapat mencapai 28%. Dan jenis inilah yang dijual sebagai bibit unggul jadi sebaiknya anda memperhatikan gambar di bawah ini untuk membedakan jenis kelapa sawit tersebut.

Gambar Jenis Kelapa sawit Berdasarkan daging buah

Untuk mendapatkan benih kelapa sawit yang direkomendasikan oleh Direktorat Jenederal Perkebunan penangkar bibit di Kabupaten Sambas harus memesan benih/kecambah kelapa sawit dengan salah satu lembaga yang ditunjuk seperti : Pusat Penelitian Kelapa Sawit (Medan), Balai Penelitian Kelapa Sawit Marihat (Pematang Siantar), PT.Socfindo (Medan) dan PT.PP London Sumatera (Medan) atau Sub Station Pusat Penelitian Marihat Parindu (Sanggau).

Sedangkan berdasarkan warna kulit buah maka kelapa sawit di bedakan atas :

1. Nigresens

Nigresesens memiliki ciri buah dengan warna kulit hitam saat muda dan berwarna merah saat tua

Gambar sawit nigresens

2. Verescens 

Verescens adalah jenis kelapa sawit dengan warna kulit buah  hijau saat muda dan berwarna kuning kemerahan saat tua.

gambar sawit verescens

3. Albesens

Albesens sesuai dengan namanya adalah kelapa sawit dengan buah yang kulitnya berwarna putih saat muda dan berwarna kuning pucat saat tua. Kalau jenis yang ini konsultasisawit juga belum pernah menemukan walaupun sudah lama melanglang buana di perkebunan kelapa sawit.

Demikian dulu info mengenai jenis – jenis kelapa sawit buat anda semoga membantu untuk melakukan identifikasi kelapa sawit anda.

Anda sedang membaca artikel berjudul

Jenis Kelapa Sawit Unggul

dengan url

http:///2012/01/jenis-kelapa-sawit-unggul.html

, Jika suka dengan artikel

Jenis Kelapa Sawit Unggul

dengan url

http:///2012/01/jenis-kelapa-sawit-unggul.html

silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://


Baca Juga Yang ini :

pertanian

PENAWARAN kHUSUS bAGI ANDA YANG MENCARI BENIH SAWIT UNGGUL KAMI MENYEDIAKANNYA.

PPKSBENIH SAWIT PPKS : ISI 250 BIJI

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

SOCFINDO

BENIH SAWIT SOCFINDO : ISI 250 BIJI

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

BENIH LONSUM

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

TUNGGU APA LAGI PESAN SEKARANG JUGA. PILIH BENIH YANG BERKUALITAS UNTUK MASA DEPAN INVESTASI ANDA.KARENA HARGA SAWIT DARI TAHUN MENGALAMI KENAIKAN

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan BENIH LONSUM, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan BENIH LONSUM, 4 bungkus , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman bENIH sAWIT UNGGUL ke Anda. Proses persiapan dan pada saat pengiriman membutuhkan waktu 3 hari setelah pembayaran.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements