SUKABUMI (Pos Kota) – Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Sukabumi anjlok. Penyebabnya, panen raya cabai sehingga pasokan melimpah ke pasar. Merosotnya harga cabai 50 persen hingga 70 persen.

Pantauan di lapangan, Jumat (16/1), harga cabai rawit hijau saat ini rata-rata dijual dengan harga Rp25 ribu hingga Rp28 ribu setiap kilogramnya yang awalnya mencapai Rp60 ribu sampai Rp65 ribu/kg. Kemudian cabai keriting, dari Rp65 ribu menjadi Rp30 ribu-Rp32 ribu setiap kilogramnya. Harga cabai besar saat ini harganya Rp55 ribu/kg yang awalnya mencapai Rp90 ribu/kg.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Diskoperindagsar) Kabupaten Sukabumi, Asep Jafar mengatakan panen raya cabai ini sangat mempengaruhi harga cabai. ”Belum lagi pasokan dari berbagai daerah yang merupakan lumbung cabai, sehingga harganya terkoreksi turun karena persediaan dan pasokan yang melimpah,” kata Asep.

Advertisements

Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri, Anwar mengatakan dari hasil rapat koordinasi Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPPID) Kabupaten Sukabumi dengan kondisi panen raya ini diprediksi harga segala jenis cabai akan kembali normal pada Maret/April mendatang yang harganya dipastikan tidak akan lebih dari Rp25 ribu setiap kilogramnya. (sule/d)

 

Advertisements