Advertisements

INDUSTRI OTOMOTIF TURUN PRODUKSI 50 PERSEN,
PHK TAK TERHINDAR

Jakarta, (Analisa)
Industri otomotif tanah air, baik kendaraan roda empat maupun roda dua akan menurunkan produksinya sebesar 30 hingga 50 persen
sehingga pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor ini tidak terhindar.
“Masalah penurunan order ini sangat tinggi. Estimasi industri otomotif akan menurunkan produksi 30 hingga 50 persen, termasuk sepeda motor hampir sama,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, di Jakarta, Kamis.
Kondisi buruk yang sama, menurut Sofjan, juga terjadi pada sektor properti di tanah air. Ia mengatakan ada sekitar dua juta unit perumahan yang tidak terjual.
“Yang jelas kondisi dunia usaha Indonesia menjadi semakin susah. Orang-orang sudah tidak berani untuk belanja,” ujar Sofjan.
Kekhawatiran pengusaha, menurut dia, apabila pemerintah tidak segera menyalurkan stimulus yang telah dijanjikan, terutama stimulus untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp10,2 triliun. Sejauh ini perbaikan infrastruktur yang paling bisa mendukung kita bertahan keluar dari krisis, karena jika ini dilaksanakan akan mampu menyerap banyak tenaga kerja.
“Tapi tampaknya ini akan lama, aturannya (pelaksanaan stimulus) tidak jelas, Pemda yang sering tidak membantu karena otonomi daerah, jadi percuma stimulus Rp10,2 triliun kalau pelaksanaannya tidak jelas. Stimulusnya saja belum disetujui parlemen, apalagi kalau sampai pergantian pemerintahan baru dengan kebijakan baru mati kita,” ujar dia.
Yang jelas, ia menegaskan, para pengusaha di tanah air saat ini dalam kondisi dilema karena ketidak pastian dari pemerintah, ujar dia.
Penurunan ekspor yang terjadi sekarang ini telah diprediksi sebelumnya oleh Apindo, ujar Sofjan, karena itu pengusaha telah berusaha mencari jalan keluarnya melalui outlook 2009 lalu.
“PHK, menurunkan produksi, mengurangi bahan baku, mengurangi pinjaman, semua dilakukan supaya ‘cash flow’ (arus kas) perusahaan tetap terjaga,” katanya. (Ant)
Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=6517:industri-otomotif-turunkan-produksi-50-phk-tak-terhindarkan-&catid=26:nasional&Itemid=29

Advertisements

Advertisements