Advertisements

Mengumpulkan bibit nanas dalam jumlah kecil dalam hitungan beberapa ratus batang adalah mudah, bisa didapatkan dari samping rumah plus minta dari kebun teman yang sudah lebih dulu menanamnya. Namun karena ada keinginan untuk menambah hingga puluhan ribu akhirnya kuputuskan mencari dan membeli bibitnya dari petani yang memang penanam nanas. Banyak juga yang menawarkan dengan harga yang berbeda-beda dengan alasan kualitas, kondisi tanaman, jenis bibit, kelangkaan, tingkat kesulitan mencari bibit tersebut, dan berbagai alasan lain.

Saya sendiri sangat awam dengan jenis-jenis bibit nanas, oleh karena keinginan utama adalah untuk mengurangi gulma – tumbuhan liar di antara sawit dan memanfaatkan lahan gambut kosong, maka kukumpulkan uang sedikit-sedikit, kucoba membeli bibit yang agak bagus, tapi sebagian lagi kubeli saja bibit yang harga murah. Berikut ini harga yang ditawarkan rekan-rekan yang pernah kuhubungi, baik dari dunia internet, maupun dari dunia para petani :

Bibit dari seorang teman, yang sudah lebih dulu membudidayakan nanas dengan jenis nanas batu dalam jumlah seribu batang  atau kelipatannya, dihargai Rp. 500,- perbatang, bibit besar atau bibit kecil (Harga borongan).
Teman lainnya menjual bibit nanas batu seharga Rp. 700 / batang, sudah dipetik, tinggal angkut dari jalan besar, dipilihkan hanya yang besar-besar, yang kecil dianggap bonus.
Yang lainnya lagi menjual bibit nanas batu seharga Rp. 1.000 / batang, sudah dipetik, tinggal angkut dari jalan besar, dengan jaminan bibit kualitas bagus, hasilnya bisa dilihat dikebunnya langsung (buahnya besar-besar), Buahnya dijual minimal Rp. 5000.
Rekan lainnya yang sepesialis penjual bibit nanas menawarkan harga berdasarkan  kwalitas, yaitu sebagai berikut :

Bibit nanas dengan kwalitas Rendah  = Rp. 500,-/Batang (Menghasilkan Buah nanas yang kemungkinan besar ukurannya tidak terlalu besar)
Bibit nanas dengan kwalitas Sedang  = Rp. 2500,-/Batang (Buah nanas yang dihasilkan nantinya sebagian buah besar dan sebagian kecil, campuran)
Bibit nanas dengan kwalitas Bagus    = Rp. 4500,-/Batang (Dengan perawatan secukupnya sudah menghasilkan buah nanas ukuran besar)

Masih banyak penawaran lain, tapi saya kira harga-harga di atas sudah cukup sebagai sebuah gambaran bagi yang ingin mulai menjadi petani nanas sekaligus sebagai petani kelapa sawit.

Dengan keputusanku untuk “Lebih baik menanam nanas di antara pohon sawit di lahan Gambut daripada tanaman lain” maka sampai sekarang tanaman nanas yang sudah kutanam menurutku jumlahnya sudah lumayan, mencapai 13.000 batang, tentu saja terdiri dari berbagai jenis bibit nanas, harga belinyapun variatif, yaitu mulai dari harga Rp 300 / batang hingga harga tertinggi Rp 1000 / batang, yang terbanyak adalah bibit nanas batu.

Ada juga rasa penasaran dan keinginan untuk mencoba menanam bibit nanas yang harganya di atas dua ribuan, tapi kupikir-pikir itu nantilah jika ada rejeki.

(IvanS, Catatan Harian 12 Februari 2014)

Bacaan Lain Tentang Nanas :

Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Advertisements INFOSAWIT,KUALA LUMPUR – Chief Executive Officer dan Executive Director, Datuk Zainal Azwar bin Zainal Aminuddin TH Plantations Bhd mengungkapkan, produksi tandan buah segar (TBS) mencapai 137.988 ton pada kuartal pertama 2015 (1Q2015), atau turun 20% dibandingkan periode yang sama tahun 2014. Adapun produksi minyak sawit mentah (CPO) turun 22% menjadi 31.052 ton. […]

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan EnergikHasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak, Manfaat : Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehatmeningkatkan mutu dan bobot hasil panenmenghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah Selengkapnya

INFOSAWIT,KUALA LUMPUR – Genting Plantation Bhd  mencatat laba sebelum pajak dan pendapatan grup masing-masing turun 54% dan 3% pada kuartal pertama yang berakhir 31 Maret 2015 (1Q2015). Penurunan ini karena harga jual produk sawit dan produksi tandan buah segar (TBS) lebih rendah. Dalam pengajuan ke Bursa Malaysia, Rabu (27/5/2015), grup  mengatakan laba sebelum pajak merosot […]

Advertisements Presiden SBY mengajukan konsep three plus one sebagai solusi untuk menghadapi gejolak yang terjadi di industri kelapa sawit. Solusi ini ditujukan kepada masalah harga, hambatan perdagangan, lingkungan ditambah lagi sosial. Selain itu, SBY menyarankan sinergi di antara berbagai pihak seperti pemerintah, pelaku usaha, masyarakat, LSM, dan media. Kondisi perekonomian Indonesia dan dunia […]

Advertisements Pengelolaan konservasi dan keanekaragaman hayati telah dijalankan PT Letawa yang mengacu kepada regulasi pemerintah. Menjadi bagian dari pengelolaan kebun sawit yang bertanggungjawab dan ramah lingkungan.  Mengelola dan peduli terhadap lingkungan serta keanekaragaman hayati bukanlah hal mudah untuk diterapkan perusahaan perkebunan sawit. PT Letawa, anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk, dapat menjadi […]