Advertisements

Palm Product adalah produk hasil pengolahan tandan buah segar yang terdiri dari Crude Palm oil (CPO) dan Kernel Palm Oil(KPO) dalam satuan Oil Ekstraction Rate (% OER) dan Kernel Ekstraction Rate (% KER).

CPO sangat tergantung pada Mesocarp (daging buah) dan banyaknya berondolan dalam tandan buah segar (TBS). Demikian halnya kernel sangat tergantung pada banyaknya berondolan dalam tandan buah segar (TBS).

Berdasarkan pengalaman operasional pabrik kelapa sawit yang kami tangani sebagai berikut: 

Di Kalimantan Timur selama 5 tahun (2002-2007) % OER = 25,00-26,50%. 
Di Kalimantan Barat (2007-2009) menaikkan %OER dari 20,00% (pencapaian selama bertahun tahun sebelumnya) menjadi>23,00 % dan set up operasional PKS baru di Kalimantan Barat (2009-2011) dengan pencapaian % OER = 25,00-26,00%.

RAHASIANYA ADALAH :

RAHASIA KE-1 ; SUASANA KERJA YANG NYAMAN

Dengan Program 5 R ataudengan program apa saja yang dapat menciptakan suasana yang nyaman:

•Tempat kerja yang INDAH, RAPI, BERSIH, dan TERAWAT. Tempat kerja bagaikan tempat rekreasi yang membuat karyawan betah dan nyaman.
•Budaya kerja karyawan dengan produktivitas yang tinggi; kepedulian dan tanggung jawab terhadap tempat kerja dan pekerjaan.
•Fokus dan konsentrasi: “Apapun yang menjadi pusat Konsentrasi anda, akan mempengaruhi SIKAP, PERASAAN, DAN PERILAKU ANDA.”
RAHASIA KE-2 ; TANDAN BUAH SEGAR

Kualitas TBS yang masuk harus sesuai standar kematangan yang telah ditetapkan

TBS mentah, TBS Over Ripe, dan Janjang Kosong adalah sumber oil loss di kebun, HARUS DI JAGA!!! Dengan manajemen panen yang baik dan benar.
Berlakukan sistem denda grading untuk pembelajaran demi hasil yang optimal.
Handling di loading ramp PKS.
RAHASIA KE-3 ; PROSES PENGOLAHAN MINYAK KELAPA SAWIT

Kunci keberhasilan pengolahan minyak kelapa sawit adalah sebagai berikut:

 

Proses sterilization; perebusan FFB untuk mengkondisikan FFB tersebut dalam proses ekstraksi selanjutnya, hal ini mempengaruhi 60% dari kualitas seluruh tahapan proses pengolahan minyak kelapa sawit.
Proses threshing; pemisahan fruit dari FFB harus di optimalkan agar % Fruit/FFB bias maksimal. Proses ini mempengaruhi 5% dari kualitas seluruh tahapan proses pengolahan minyak kelapa sawit.
Proses Digesting & Pressing; Mengekstrak CPO dari daging buah. Proses ini mempengaruhi 25% dari kualitas seluruh tahapan proses pengolahan minyak kelapa sawit.
Proses klarifikasi; proses pemisahan dan pemurnian minyak kelapa sawit. Proses ini mempengaruhi 10% dari kualitas seluruh tahapan proses pengolahan minyak kelapa sawit.

 

Untuk proses pengolahan CPO di PKS perlu pendalaman sesuai dengan kondisi dan tempat masing-masing PKS, diperlukan Mill Audit Advisory sehingga detail permasalahan dan rahasia keberhasilannya dapat ditemukan.

RAHASIA KE-4 ; Lab. Quality Control
Sebagai control untuk konsistensi operasional proses yang baik dan benar
Komunikasi data kualitas pengolahan dari hasil analisa laboratorium kepada operator prosessing untuk dipedomani.
RAHASIA KE-5 ; MINDSET

“ TANAMKAN DALAM PIKIRAN BAHWA“PALM PRODUCT 31%” DAPAT DI CAPAI DI PERKUAT DENGAN KEYAKINAN DAN PROYEKSI SEHINGGA MENJADI KENYATAAN”

Penulis:  Darwisata SbMg, ST : Direktur Utama PT. Ewako Daro Utama (General Contractor), Direktur PT. Sahabat Agro Sejati (Konsultan Agronomi, Palm Oil Mill)

Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

JAKARTA – Manajer Program Hukum dan Masyarakat Epistema Institute, Yance Arizona mengutarakan, eksistensi masyarakat adat sangat perlu diakui negara. Bahkan, tak cukup hanya pengakuan. Putusan Mahkamah Konstitusi No. 35/PUU-X/2012 dilapanagn faktanya masih banyak terjadi pengabaian terhadap hak-hak masyarakat adat. Yance menyatakan, kalau sebelumnya hutan adat adalah hutan negara, setelah putusan MK 35/2012, hutan adat adalah […]

Advertisements Medan – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan proses eksekusi lahan sawit milik pengusaha DL Sitorus seluas 47 ribu ha di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, sudah selesai. Kejaksaan Agung sudah menyerahkan lahan tersebut kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. “Perkara DL Sitorus menyangkut barang bukti seluas 47 ribu ha sudah diserahkan secara […]

KOTA KINABALU – Menteri Sains, Teknologi dan Inovasi, Datuk Ewon Ebin mengatakan, salah satu dari tiga proyek yang memanfaatkan minyak sawit atau biorefinery di Sabah dan Sarawak, telah disetujui oleh komite Bioeconomy Transformation Programme (BTP). Genting Plantations Berhad bakal berkolaborasi dengan Elevance Renewable Sciences, sebuah perusahaan kimia asal Amerika Serikat, untuk membangun biorefinery. Seperti tulis […]

Advertisements Amerika Serikat – Merujuk laporan Lembaga Swadaya Masyarakat Lingkungan dunia, Forest Heroes, menuding perusahaan sawit PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) bertaggung jawab terhadap kerusakan hutan tropis. Sebelumnya PT Astra Agro Lestari Tbk telah berjanji tidak bakal membangun perkebunan kelapa sawit di hutan tropis, tetapi Forest Heroes menganggap janji PT Astra Agro […]

HERSHEY – Perusahaan Hershey, April 2015 melaporkan hasil penggunaan bahan baku dari sumber minyak sawit berkelanjutan, yang didukung lewat kerjasama strategis dengan The Forest Trust (TFT). Tercatat Harshey, telah menggunakan minyak sawit berkelanjutan sebanyak 94% dari semua pabrik yang menggunakan minyak sawit secara global. Kabarya Harshey, sedang melakukan pemetaan rantai pasok hingga ke perkebunan, yang […]