Sabtu, 20 Juli 2013

Medan, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berencana mengembangkan energi baru terbarukan dari cangkang dan seluruh bagian tanaman kelapa sawit untuk dijadikan bahan bakar biomassa.

Sekretaris Apindo Sumatera Utara, Laksamana Adyaksa mengatakan, pemerintah harus memersiapkan Sumut sebagai garis terdepan penunjang ekonomi wilayah timur dalam menghadapi ekonomi ASEAN tahun 2015.

“Sumut tak cuma memiliki lahan perkebunan sawit yang luas, tapi juga didukung sember daya manusia (SDM) yang handal,” katanya kepada Jurnal Asia, Jumat (19/7). Selaku salah satu provinsi pemilik industri kelapa sawit terbesar, Sumut dirasa penting mengembangkan energi biomassa.

“Cangkang dan seluruh bagian tanaman sawit mulai dari daun, pelepah dan batang bisa diolah untuk menghasilkan gas metan. Atau dijadikan pakan ternak sehingga tak ada lagi limbah kelapa sawit,” jelasnya seraya menyebutkan, setiap pabrik kelapa sawit (PKS) bisa menghasilkan listrik 1 Mega Watt (MW).
Selain tanaman kelapa sawit, Apindo juga berencana mengembangkan energi dari serbuk gergaji dengan cara dipadatkan. “Serbuk gergaji akan dimanfaatkan untuk energi pembakaran,” tandasnya.

Sumber :

Dikembangkan, Energi Cangkang Sawit

Berita/Artikel Menarik Lain Yg Wajib Dibaca :