Advertisements

Berbagai penelitian telah dilakukan menunjukkan bahwa limbah kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Berikut akan dijelaskan manfaat limbah kelapa sawit.

1. TKKS untuk pupuk organik

Tandan kosong kelapa sawit daoat dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organik yang memiliki kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanah dan tanaman. Tandan kosong kelapa sawit mencapai 23% dari jumlah pemanfaatan limbah kelapa sawit tersebut sebagai alternatif pupuk organik juga akan memberikan manfaat lain dari sisi ekonomi.

Ada beberapa alternatif pemanfaatan TKKS yang dapat dilakukan sebagai berikut :

a. Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan bahan organik yang telah mengalami proses fermentasi atau dekomposisi yang dilakukan oleh micro-organisme. Pada prinsipnya pengomposan TKSS untuk menurunkan nisbah C / N yang terkandung dalam tandan agar mendekati nisbah C / N tanah. Nisbah C / N yang mendekati nibah C / N tanah akan mudah diserap oleh tanaman.

b. Pupuk Kalium

Tandan kosong kelapa sawit sebagai limbah padat dapat dibakar dan akan menghasilkan abu tandan. Abu tandan tersebut ternyata memiliki kandungan 30-40%, K2O, 7%P2O5, 9%CaO, dan 3%MgO. Selain itu juga mengandung unsur hara mikro yaitu 1.200ppmFe, 1.00 ppm Mn, 400 ppmZn, dan 100 ppmCu. Sebagai gambaran umum bahwa pabrik yang mengolah kelapa sawit dengan kapasitas 1200 ton TBS/ hari akan menghasilkan abu tandan sebesar 10,8%/hari. Setara dengan 5,8 ton KCL; 2,2 ton kiersit; dan 0,7ton TSP. dengan penambahan polimer tertentu pada abu tandan dapat dibuat pupuk butiran berkadar K2O 30-38% dengan pH 8 – 9.

c. Bahan Serat

Tandan kosong kelapa sawit juga menghasilkan serat kuat yang dapat digunakan untuk berbagai hal, diantaranya serat berkaret sebagai bahan pengisi jok mobil dan matras, polipot (pot kecil, papan ukuran kecil dan bahan pengepak industri.

2. Tempurung buah sawit untuk arang aktif
Tempurung kelapa sawit merupakan salah satu limbah pengolahan minyak kelapa sawit yang cukup besar, yaitu mencapai 60% dari produksi minyak. Arang aktif juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai industri. Antara lain industri minyak, karet, gula, dan farmasi.

3. Batang dan tandan sawit untuk pulp kertas

Kebutuhan pulp kertas di Indonesia sampai saat ini masih dipenuhi dari impor. Padahal potensi untuk menghasilkan pulp di dalam negeri cukup besar. Salah satu alternatif itu adalah dengan memanfaatkan batang dan tandan kosong kelapa sawit untuk digunakan bahan pulp kertas dan papan serat.

4. Batang kelapa sawit untuk perabot dan papan artikel

Batang kelapa sawit yang sudah tua tidak produktif lagi, dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai tinggi. Batang kelapa sawit tersebut dapat dibuat sebagai bahan perabot rumah tangga seperti mebel, furniture,atau sebagai papan partikel. Dari setiapbatang kelapa sawit dapat diperoleh kayu sebanyak 0.34 m3.

5. Batang dan pelepah sawit untuk pakan ternak

Batang dan pelepah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Pada prinsipnya terdapat tiga cara pengolahan batang kelapa sawit untuk dijadikan pakan ternak, yaitu pertama pengolahan menjadi silase, kedua dengan perlakuan NaOH dan yang ketiga adalah pengolahan dengan menggunakan uap.

Sumber :

http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1929400-pemanfaatan-limbah-sawit/

Incoming search terms:

Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

GHANA – Laba setelah pajak Benso Oil Palm Plantation Limited sepanjang tahun 2014 sekitar 12,9 juta Cedi Ghana (GH¢) atau naik 112% dibandingkan tahun 2013. Ketua Dewan Direksi, Ismail Yamson pada Rapat Umum Tahunan Perusahaan (RUPS) di Takoradi mengatakan, dividen dari GH¢ 0,0706 per saham untuk 2012 dibandingkan dengan GH ¢ 0,0334 untuk tahun sebelumnya.  […]

JAKARTA – Dari total kapasitas produksi minyak sawit berkelanjutan di dunia yang mencapai 12,64 juta ton, sebanyak 51% dipasok dari Indonesia. Sementara dari Laporan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), proporsi produksi minyak sawit berkelanjutan dunia sampai Mei 2015 telah mencapai 18% dari total produksi CPO global. (T2)

KUALA LUMPUR – Presiden dan CEO Felda Global Ventures Holdings Bhd (FGV), Datuk Mohd Emir Mavani Abdullah mengatakan, FGV bakal menyelesaikan pelepasan bisnis diluar bisnis intinya pada kuartal III-2015. Bernama melaporkan pelepasan perusahaan itu meliputi perusahaan Felda Travel, Felda Properti dan Felda Prodata Sistem, kabarnya pelepasan perusahaan itu bakal dilakukan lewat tender terbuka. Dengan langkah […]

INFO SAWIT, PEKANBARU – Dihadapan Camat Se-Riau, Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengharapkan agar Badan Penelitian dan Pembangunan Provinsi Riau tidak hanya melakukan penelitian khusus Kelapa sawit dan bibit sawit seperti yang terjadi selama ini. Tetpi mendorong melakukan penelitian untuk komoditas lainnya, seperti sagu dan makanan khas daerah lainnya. Sebab itu Balitbang harus rajin melakukan kordinasi […]

Advertisements INFO SAWIT, JAKARTA – Guna memperkcil kegiatan perambahan hutan yang berujung pada rusaknya hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), telah bersepakat untuk menggandeng Kepolisan untuk menindak kegiatan perambahan. Kata Menteri LHK, Siti Nurbaya, hingga saat ini masih terjadi pembiaran terhadap kegiatan perambahan hutan, termasuk keterlibatan pejabat setempat. “Telah terjadi pembiaran atas […]