Advertisements

JAKARTA, SAWITINDONESIA – Ekspor CPO Indonesia ke negara Uni Eropa tumbuh positif sepanjang tiga bulan pertama tahun ini. Berdasarkan data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), pada Febuari lalu ekspor minyak sawit Indonesia ke Uni Eropa tumbuh 18 persen dan pada Maret ini kembali naik 29 persen dibanding Februari.

Fadhil Hasan, Direktur Eksekutif GAPKI, mengatakan pengapalan CPO Indonesia ke Eropa pada Maret ini mencapai 392 ribu ton. Fakta ini cukup mengejutkan karena minyak nabati lain sedang mengalami penurunan harga dan stok juga cukup berlimpah di negara Eropa.

Advertisements

Lebih lanjut kata Fadhil,  terlebih lagi sejak 13 Desember tahun lalu regulasi baru Uni Eropa terkait dengan informasi makanan kepada konsumen diberlakukan, Belgia dan Jerman dengan gencar mempromosikan label makanan “No Palm Oil”.

“Ini berarti kebutuhan negara-negara Uni Eropa akan minyak sawit tak tergantikan meskipun negara Uni Eropa tidak ingin mengakuinya secara terus terang. Yang terjadi kampanye negatif gencar dilakukan di Belgia dan Jerman,” ujarnya.

Advertisements