Advertisements

Ethrel mengandung 2-chloroethylene phosphonic acid, atau ethepon yang setelah masuk ke jaringan tanaman (daging buah kopi) akan terurai menghasilkan gas etilena. Etilena inilah yang aktif bekerja mempercepat masaknya buah. Ethrel untuk buah kopi berupa cairan dan dalam perdagangan dikenal sebagai “Ethrel 40 PGR” yang mengandung 480 g bahan aktif per liter.

Manfaat ethrel

Advertisements

Mempercepat masaknya buah: 

Penyemprotan larutan ethrel dapat mempercepat proses masaknya buah kopi. Penyemprotan dengan kadar 500-750 ppm, persentase buah masak telah menunjukkan perbedaan nyata setelah 6-8 hari. Setelah ± 14 hari, 90-95 % buah yang disemprot telah masak. 

Meningkatkan hasil petik: 

Penyemprotan ethrel dengan kadar larutan 500 ppm dapat meningkatkan hasil petik sebesar ± 30% dan dengan kadar larutan 750 ppm dapat meningkatkan hasil petik sebesar ± 40%. Dengan meningkatnya hasil petik maka upah borongan petik juga dapat diperkecil (upah petik selama awal panen tidak lebih mahal).

Mengurangi persentase buah hijau: 

Penyemprotan dengan ethrel dapat mengakibatkan buah kopi dalam dompolan masak serentak sehingga pemetikan akan lebih mudah dan buah kopi yang hijau lebih sedikit, atau tidak ada sama sekali.

Menghemat biaya penjagaan kebun: 

Dengan penyemprotan ethrel, giliran pemetikan dapat dikurangi dari lima 5-6 kali menjadi 1-2 kali, sehingga dapat menghemat waktu sebanyak 4×12 hari=48 hari, atau 1.5 bulan.

Mematahkan siklus hidup bubuk buah: 

Karena buah lebih cepat masak maka musim panen menjadi lebih pendek. Dengan musim panen yang lebih pendek ini maka mengakibatkan lebih lama tidak ada buah sehingga siklus hidup hama bubuk buah dapat dipatahkan secara sempurna.

Memungkinkan pemangkasan lebih awal: 

Karena musim panen lebih cepat selesai , maka pemangkasan kopi dapat dilakukan lebih awal.

Mempercepat efisiensi pengolahan: 

Pada permulaan panen, pengolahan di pabrik masih bekerja di bawah kapasitas. Sedangkan pada puncak panen, pabrik ada kalanya tidak mencukupi kapasitasnya. Dengan mengatur masaknya buah maka permasalahan tersebut dapat diatasi dengan panen awal lebih besar, sehingga panen puncak tidak terlalu tinggi. 

Cara penggunaan ethrel.

Dosis larutan: 

Pada prinsipnya, semakin tinggi kadar larutan ethrel yang dipakai semakin cepat masak buah kopi. Namun demikian kadar larutan tidak boleh melebihi 1000ppm (0.01%)karena akan nampak gejala pengguguran daun dan pentil buah. Kadar yang dinjurkan adalah 500-750 ppm. Jika kita menggunakan ethrel 40 PGR maka dosis yang dianjurkan adalah 250-500 cc ethrel per 200-250 liter air atau 1,25-2,00 cc ethrel per liter air. Berdasarkan hasil percobaan SOEMOMARTO (1973) disarankan dosis yang digunakan adalah 0,5-0,75 cc ethrel per liter air (500-750 ppm formulasi). Untuk tiap pohon diperlukan 300-500 cc larutan tergantung pada besar kecilnya pohon.

Saat penyemprotan: 

Penyemprotan dapat dilakukan setelah pemetikan buah kopi yang pertama (giliran pertama), atau bila 10-15% buah kopi telah masak. 

Cara penyemprotan: 

Semua buah kopi harus terkena semprotan. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pagi-pagi, dengan menggunakan sprayer ber-nozle halus. Jangan meggunakan sprayer yang mengandung sisa-sisa herbisida atau ensektisida. 

Pemetikan buah kopi: 

Pemetikan buah kopi dilakukan kira-ira 10-14 hari setelah penyemprotan, karena pada saat itu seluruh buah kopi sudah masah masak dan dapat dipetik serentak. 

Sumber: Rangkaian Perkembangan dan Permasalahan Budidaya &Pengolahan Kopi di Indonesia. Oleh Ir.Mudrig Yahmadi. Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia Jatim. Edisi Revisi. 2007.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Incoming search terms:

  • pupuk perangsang buah kopi

Advertisements