Advertisements

Penyakit merupakan interaksi antara pathogen penyebab penyakit, tanaman, dengan lingkungan tempat tumbuh tanaman. Dalam budidaya tanaman avokad, penggendalian penyakit sama pentingnya dengan pengendalian hama tanaman. Seperti halnya mengetahui jenis hama tanaman avokad, mengetahui penyakit pada tanaman avokad juga sama pentingya untuk dapat mengendalikan penyakit tanaman avokad. Berikut adalah penyakit yang sering terdeteksi pada tanaman avokad. 

1. Antraknosa 

Advertisements

Antraknosa disebabkan oleh jamur Colletotrichum gloeosporioides. Jamur ini menyerang hampir di semua bagian tanaman kecuali akar. Bagain yang terkena serangan menunjukkan gejala berwarna coklat karat. Selanjutnya, daun, bunga, buah, dan cabang akan gugur. 

2. Bercak Daun Coklat 

Bercak daun coklat disebabkan oleh Cercospora purpurea atau dikenal dengan Pseudocercospora purpurea. Jamur ini menyerang buah atau daun dan menjadikannya berwarna coklat muda yang diselubungi 

oleh coklat tua di pinggirya. Pada cuaca yang lembab, bercak coklat akan menjadi abu-abu dan bisa menjadi seuatu lubang yang bisa menjadi tempat masuk organism lain. 

3. Busuk Buah 

Busuk buah disebabkan oleh jamur Botryodiplodia theobromae. Jamur akan menyerang ketika terdapat luka di permukaan buah. Bagian pertama yang diserang adalah tangkai buah dengan tanda bercak coklat yang lama-kelamaan menyebar ke permukaan buah. Dengan menjalarnya jamur ke permukaan buah, permukaan buah akan menkadi tojolan-tojolan kecil. 

4. Busuk Akar 

Busuk akar disebabkan oleh jamur phytopthora yang hidup saprofit di tanah yang banyak mengandung bahan organik. Tanah lembab dan drainase yang buruk membuat jamur ini berkembang lebih cepat. Pada akar tanaman yang terserang, tunas atas akan tumbuh kerdil dan tidak jarang menjadi mati. Jika batang terserang, terjadi perubahan warna kulit di pangkal pohon. Akibat yang paling fatal adalah kematian tanaman. 

Redaksi Agromedia. 2009. Budidaya Tanaman Buah Unggul Indonesia.Agromedia Pustaka, Jakarta. 

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Advertisements