Advertisements

Syarat Tumbuh Avokad (Persea gratissima)

Dalam budidaya tanaman avokad, syarat tumbuh tanaman harus benar-benar diperhatikan khususnya jika ingin melakukan pertanaman avokad dalam jumlah dan luasan yang sangat besar. Syarat tumbuh optimal akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman avokad sehingga diharapkan hasil buah yang didapatkan juga dapat optimal. Secara umum, syarat tumbuh tanaman mencakup kesesuaian iklim dan kesesuaian tanah. 

Advertisements

Avokad dapat tumbuh dengan baik pada suhu antara 12,8 sampai 300C. akana tetapi, pertmbuhan optimal avokad hanya dapat dicapai pada kisaran suhu 15 sampai 280C. suhu kurang atau lebih dari kisaran suhu tersebut akan mengganggu pertumbuhan tanaman avokad dan berdampak pada pengurangan hasil yang signifikan. Dengan kisaran suhu seperti itu, di daerah tropis tanaman avokad dapat tumbuh dan dikembangkan pada tempat dengan ketinggian antara 200 sampai 1000 mdpl. Untuk avokad jenis Guatemala, ketinggian yang sesuapi adalah 1000 sampai 2000 mdpl. 

Curah hujan yang dibutuhkan adalah 1500 sampai 3000 mm per tahun dengan distribusi yang baik dengan distribusi yang baik karena tanaman avokad masih bisa mentolerir adanya bulan kering 2-6 bulan. Avokad sebenarnya kurang baik dengan intensitas cahaya matahari penuh. Intensitas cahaya yang dibutuhkan avokad adalah 40 sampai 80% dari cahaya penuh. Angin diperlukan untuk penyerbukan tetapi angin yang terlalu kencang dapat merusak frame tanaman karena avokad tergolong tanaman yang lunak, rapuh, dan mudah patah. 

Tanah yang sesuai untuk pertumbuhan avokad adalah pada pH yang netral (5,5-6,5). pH netral dapat membuat unsure-unsur hara yang dibutuhkan tanaman menjadi tersedia. Struktur tanah yang gembur dan tidak becek akan memudahkan intersepsi akar ke dalam tanah dan respirasi akar serta dapat mengurangi serangan cendawan pada akar. Pada lingkungan yang kering, syarat kedalaman air tanah maksimal adalah 2 m agar tanaman tidak mendapatkan cekaman kekeringan. 

Syarat tumbuh memang bukan satu-satunya aspek dapal budidaya tanaman avokad. Akan tetapi, dengan syarat tumbuh optimal yang dicapai, teknik budidaya avokad akan lebih mudah dilakukan dan hasilnya pun juga akan lebih baik. 

Sumber :

Redaksi Agromedia. 2009. Budidaya Tanaman Buah Unggul Indonesia.Agromedia Pustaka, Jakarta.
AAK. 2005. Bertanam Pohon Buah-Buahan 2. Kanisius, Yogyakarta.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Advertisements