Advertisements

Kebutuhan nutrisi yang seimbang merupakan faktor penting bagi pertumbuhan tanaman dan produksi pepaya. Tanaman pepaya membutuhkan hara makro (Nitrogen/N, Fospor/P, dan Kalium/K) dan hara mikro (Calsium, Magnesium, Boron, dan Zincum/seng) secara lengkap dan berimbang. Kekurangan dan kelebihan salah satu dari unsur-unsur tersebut berakibat pada terganggunya pertumbuhan tanaman, produksi, dan kualitas buah.

KEBUTUHAN HARA

a. Nitrogen

Nitrogen tergolong unsur penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Unsur ini biasa diaplikasikan dalam bentuk pupuk urea, kalium nitrat, kalsium nitrat, amonium nitrat, atau berupa pupuk majemuk NPK. Kelebihan nitrogen mengakibatkan buah terlalu lunak, dan tumbuhnya anakan yang berlebihan. Tanaman yang kelebihan nitrogen ditandai dengan warna daun yang terlalu hijau saat tanaman muda, banyak mengeluarkan getah, dan luka seperti memar berwarna cerah di tangkai daun. Sebaliknya, kekurangan nitrogem ditandai dengan warna pucat pada tanaman dan daun yang menguning.

b. Fospor

Fospor berperan penting dalam perkembangan sistem perakaran, inisiasi bunga, dan pembentukan buah. Aplikasi fospor pada pemupukan biasanya dalam bentuk superfospat (SP36), dan pupuk ini sebaiknya diberikan sebelum penanaman atau sebelum musim hujan. Ketersediaan fospor dalam tanah relatif sedikit di tanah asam, tanah dengan kandungan besi yang tinggi, serta tanah yang kerap tercuci. Kekurangan fospor akan mengakibatkan tajuk tanaman mengecil, bunga mudah gugur, serta pembentukan buah sedikit.

c. Kalium

Peran penting kalium dalam pertumbuhan tanaman adalah mempengaruhi kualitas buah. Unsur ini biasanya diaplikasikan dalam bentuk kalium nitrat. Kebutuhan tanaman akan unsur kalium semakin meningkat selama pembentukan dan perkembangan buah. Kelebihan kalium dapat mengakibatkan tangkai daun rapuh dan memengaruhi penyerapan kalsium dan magnesium oleh tanaman. Sementara itu, kekurangan kalium dapat mengakibatkan bagian tepi daun seperti terbakar dan tidak terjadi aliran getah akibat kulit buah yang rusak. Hal ini mengakibatkan tanaman lebih rentan terkena penyakit dan kualitas buah menurun.

d. Kalsium

Kalsium diberikan untuk tanaman dalam bentuk kalsium nitrat atau dolomit untuk tanah masam. Sementara itu, di tanah yang PH nya tinggi, kalsium diaplikasikan dalam bentuk kalsium sulfat. Kelebihan kalsium pada tanaman dapat mempengaruhi keseimbangan kalsium, kalium, dan magnesium dalam tanaman. Sebaliknya, kekurangan kalsium pada tanaman ditandai dengan pembentukan buah yang berkurang, kualitas buah yang menurun, serta daging buah yang terlalu lunak saat buah matang.

e. Magnesium

Magnesium diaplikasikan ke tanaman dalam bentuk dolomit untk tanah masam dan berupa magnesium sulfat atau magnesium oksida untuk tanah basa. Kelebihan magnesium pada tanaman akan memengaruhi keseimbangan kandungan kalium dan kalsium dalam tanaman. Sebaliknya, kekurangan magnesium berdampak terhadap daun tua, tulang daun yang menebal dan berwarna hijau, serta daerah antara tulang daun berwarna hijau terang atau kekuningan.

f. Boron

Aplikasi boron untuk pemupukan tanaman berupa borax. Kekurangan atau defisiensi boron tampak di daerah dekat dengan pantai yang ditandai dengan daun muda yang menguning. Jika tanaman dapat bertahan, buah yang dihasilkan akan membesar di beberapa bagian, pengisian buah berkurang dan pertumbuhan tanaman kritis. Sebaliknya, kelebihan aplikasi boron akan menyebabkan nekrosis di tepi daun dengan kondisi berwarna coklat dan lama kelamaan daun akan mati. Bercak nerkrosis juga terdapat di bagian antara tulang daun.

g. Zinc (Seng)

Seng dibutuhkan bagi pertumbuhan daun. Kekurangan unsur seng dalam tanaman dapat disebabkan oleh kelebihan aplikasi fospor.

SISTEM PEMUPUKAN PEPAYA

Pupuk yang diberikan kepada tanaman pepaya berupa pupuk organik dan anorganik. Aplikasikan pupuk kandang sebagai pupuk dasar di lubang tanam, pemupukan berikutnya dilaksanakan sebulan setelah tanam, lalu dilanjutkan secara teratur tiga bulan sekali selama masa produksi. Dosis pupuk yang diberikan berbeda-beda karena disesuaikan dengan umur tanaman. 

Pupuk yang diberikan adalah pupuk anorganik tunggal berupa urea atau ZA, SP36, dan KCl, atau dapat juga diberi pupuk majemuk NPK. Tujuannya untuk memasok hara yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mempertahankan kesuburan tanah. Cara pemupukan yang dianjurkan sebagai berikut:

Buat larikan sedalam sekitar 10 cm di sekeliling pohon pepaya dengan jarak 50 cm dari batang.
Taburkan pupuk di larikan dan kemudian ditutup kembali dengan tanah.

Adapun jadwal pemupukan dan dosis pupuk adalah sebagai berikut: 

Pupuk dasar diberikan pada saat bit pepaya ditanam di kebun, berupa 20 kg pupuk kandang dan SP36 100 gram per pohon. Pupuk susulan diberikan sebulan kemudian berupa 70 gr urea, 50 gr SP36, dan KCl 40 gr setiap pohon. Kemudian pupuk diberi lagi setiap 3 bulan. 

Pada bulan ke empat diberi 150 gr urea, 100 gr SP36, dan KCl 100 gr setiap pohon, pada bulan ke tujuh diberi 200 gr urea, 150 gr SP36, dan KCl 160 gr setiap pohon, dan bulan ke 10 diberi 230 gr urea, 150 gr SP36, dan KCl 160 gr setiap pohon. 

Demikian seterusnya pupuk selalu diberi secara reguler sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Dosisnya ditingkatkan karena tanaman sudah semakin membesar dan umurnya bertambah. Dengan pertumbuhan dan perkembangan, maka akar tanaman sudah merambah sangat jauh dari pohon pepaya.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

JAKARTA – Manajer Program Hukum dan Masyarakat Epistema Institute, Yance Arizona mengutarakan, eksistensi masyarakat adat sangat perlu diakui negara. Bahkan, tak cukup hanya pengakuan. Putusan Mahkamah Konstitusi No. 35/PUU-X/2012 dilapanagn faktanya masih banyak terjadi pengabaian terhadap hak-hak masyarakat adat. Yance menyatakan, kalau sebelumnya hutan adat adalah hutan negara, setelah putusan MK 35/2012, hutan adat adalah […]

Advertisements Medan – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan proses eksekusi lahan sawit milik pengusaha DL Sitorus seluas 47 ribu ha di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, sudah selesai. Kejaksaan Agung sudah menyerahkan lahan tersebut kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. “Perkara DL Sitorus menyangkut barang bukti seluas 47 ribu ha sudah diserahkan secara […]

KOTA KINABALU – Menteri Sains, Teknologi dan Inovasi, Datuk Ewon Ebin mengatakan, salah satu dari tiga proyek yang memanfaatkan minyak sawit atau biorefinery di Sabah dan Sarawak, telah disetujui oleh komite Bioeconomy Transformation Programme (BTP). Genting Plantations Berhad bakal berkolaborasi dengan Elevance Renewable Sciences, sebuah perusahaan kimia asal Amerika Serikat, untuk membangun biorefinery. Seperti tulis […]

Advertisements Amerika Serikat – Merujuk laporan Lembaga Swadaya Masyarakat Lingkungan dunia, Forest Heroes, menuding perusahaan sawit PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) bertaggung jawab terhadap kerusakan hutan tropis. Sebelumnya PT Astra Agro Lestari Tbk telah berjanji tidak bakal membangun perkebunan kelapa sawit di hutan tropis, tetapi Forest Heroes menganggap janji PT Astra Agro […]

HERSHEY – Perusahaan Hershey, April 2015 melaporkan hasil penggunaan bahan baku dari sumber minyak sawit berkelanjutan, yang didukung lewat kerjasama strategis dengan The Forest Trust (TFT). Tercatat Harshey, telah menggunakan minyak sawit berkelanjutan sebanyak 94% dari semua pabrik yang menggunakan minyak sawit secara global. Kabarya Harshey, sedang melakukan pemetaan rantai pasok hingga ke perkebunan, yang […]