Advertisements

Peranan air bagi tanaman memang tidak bisa diabakikan begitu saja. Bahkan, air merupakan salah satu faktor penting bagi kehidupan tanaman. Air berguna untuk melarutkan unsur hara yang diberikan pada media tanam. Akibatnya, unsur hara yang terlarut ini bisa dengan mudah diambil oleh akar sebagai makanannya. Fungsi lainnya air sebagai komponen penting pada hampir seluruh proses fisiologis tanaman, mempertahankan ketegaran tanaman agar tidak mudah layu dan pengontrol suhu pada saat tanaman kepanasan.

Penyiraman pada tanaman alpukat bisa dilakukan pada pagi atau sore hari. Pada musim penghujan dengan intensitas hujan yang tinggi, tidak perlu dilakukan penyiraman. Volume air siraman jangan terlalu berlebihan .

Advertisements

Dimusim kemarau, daun tanaman alpukat biasanya penuh dengan debu halus, sehingga tanaman tampak tidak sedap dipandang. Debu tersebut sebaiknya dihilangkan karena bisa mengganggu proses fotosintesis. Cara menghilangkannya adalah dengan menyiram seluruh bagian tanaman sampai basah sehingga debu yang menempel di daun tercuci oleh siraman air.

Tanaman alpukat memerlukan air yang cukup selama fase pertumbuhan. Biasanya, pada musim penghujan buah alpukat berukuran besar, sedangkan saat kemarau besarnya relatif kecil. Kekurangan air pada kebun alpukat dapat di atasi dengan penyiraman. Penyiraman tanaman dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan menggenangi kebun, menggunakan selang, ember. Untuk tenaga penggerak menyiram dapat digunakan mesin diesel atau pompa air, serta mobil tangki. Sumber air penyiraman dapat berupa sumur, kolam, danau atau air sungai. Cara penyiraman dipengaruhi oleh beberapa faktor, sebagai berikut :

1. Jenis lahan

Lahan rawa atau sawah berbeda dengan tegalan atau tadah hujan. Untuk lahan rawa penyiraman dapat dilakukan dengan sistem rendam, yaitu menutupi pintu saluran pembuangan air (out let) sehingga air mengumpul di kebun. Setelah lahan terendam dan cukup kelembabannya, pintu out let dibuka kembali. Perendaman lahan agar tidak boleh terlalu lama lama agar tidak mengakibatkan pembusukan akar atau kurangnya aerasi dalam tanah. Penyiraman sistem rendam dapat dilakukan 2-3 hari sekali atau tergantung tingkat kelembaban tanahnya. Penyiraman lahan tadah hujan dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan lahan.

2. Luas lahan

Luas lahan berpengaruh terhadap sistem penyiraman. Sistem penyiraman untuk lahan sempit yang berisi beberapa tanaman, misalnya sepuluh tanaman, lebih efisien dengan cara manual, yaitu ember atau selang air. Bila lahan luas dan jumlah tanaman banyak dapat digunakan mesin diesel atau pompa air besar sehingga secara ekonomis akan lebih menguntungkan.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Advertisements