Advertisements

Pisang merupakan salah satu komoditas unggulan dan dijadikan sebagai icon di Kabupaten Lampung Selatan. Namun secara umum produktivitas pisang yang dikembangkan masyarkat masih sangat rendah, salah satu penyebabnya adalah hama.

Beberapa hama utama pada tanaman pisang adalah Ulat penggulung daun (Erionata Thrax L.), Pengerek bonggol (Cosmopolities Sordidus germar), Pengerek Batang (Odoiporus longocolis (Oliv)), Thrips (Chaetanaphoris signipennis), Burik pada buah (Nacolea Octasema).

Advertisements

1. Ulat Penggulung Daun (Erionata Thrax L)

Gejala yang terjadi yaitu larva yang baru menetas mamakan daun pisang membuat gulungan daun, seluruh siklus hidupnya terjadi pada daun.

Cara penegndaliannya yaitu denagn memangkas daun yang terserang kemudian dibakar. Peneyemprotan insektisida barbahan aktif kuinaifos dan triklorfon. Insektisida yang bersifat sistemik akan lebih efektif mengingat ulat daun ini tersembunyi dalam gulungan daun.

2. Pengerek Bonggol (Cosmopolities Sordidus germar)

Gejala yang terlihat yaitu larvanya membuat terowongan pada bonggol pisang yang merupakan tempat masuknya bibit penyakit lain seperti Fusarium. Kerusakan ini mengakibtakan lemahnya sistem perakaran dan transportasi makanan terhenti. Gejala serangan terlihat daun menguning dan ukuran tandan berkurang sehingga produksi menurun.

3. Pengerek Batang (Odoiporus longocolis (Oliv))

Gejala yang terlihat yaitu kerusakan akibat hama ini ditandai dengan adanya lubang disepanjang batang semu. 

Cara pengendaliannya yaitu dengan sanitasi kebun menggunakan musuh alami Plaesius Javanicus dan penggunaan Insektisisda berbahan aktif Carbofuran

4. Thrips (Chaetanaphoris Signipennis)

Gejala yang terjadi pada bungan dan daun muda terjadi bintik-bintik dan goresan pada kulit buah yang telah tua. 

Cara Pengendaliannya yaitu dengan membungkus tandan buah saat bunga akan mekar dan penaymputan tangkai tandan dengan insektisida berbahan aktif monocrotophos 

5. Burik Pada Buah (Nacolea Octasema)

Gejala yang terjadi yaitu perkembangan buah menajdi terhambat, timbul kudis pada buah sehingga menurunkan kualitas buah terutama saat buah masih dilindungi oleh pelepah buah.

Cara pengendaliannya yaitu dengan membungkus tandan buah saat bunga mekar

Sumber : http://cybex.deptan.go.id/

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Advertisements