Advertisements

Dalam melakukan usaha budidaya tanaman buah duku agar dapat tumbuh dan berproduksi yang maksimal serta mempunyai mutu yang baik maka harus memperhatikan dan mengerti syarat tumbuh tanaman buah duku dengan baik. Tanaman buah duku termasuk macam spesies Lansium, di dunia ini dikenal tiga macam spesies Lansium yang mirip satu sama lain, yaitu duku, langsat, dan pisitan. Namun, yang terkenal adalah duku dan langsat. Buah duku ( Lansium Domesticum Corr) berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Kini Buah duku hampir tersebar luas diseluruh wilayah Asia dan menjadi salah satu primadona buah tropis.

Tanaman buah duku merupakan tanaman tropis beriklim basah yang berasal dari Indonesia namun ada juga tanaman buah duku yang menyebut berasal dari Asia Tenggara bagian Barat dan juga Semenanjung Thailand di sebelah Barat. Adapun sentra-sentra produksi buah duku di Indonesia antara lain di daerah Jawa (Surakarta Karanganyar, Kulonprogo, Singosari, Malang dan Jakarta, dipasar minggu, dan Condet), Sumatera (Komering, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bangka Barat, Bangka Tengah, hingga Bangka Selatan). Negara penghasil buah duku adalah Filipina, Malaysia dan Indonesia

Advertisements

Duku ini mempunyai banyak varietas ada yang buahnya besar sekali, tetapi ada pula yang kecil. Ada yang berbiji besar, ada pula yang tidak berbiji, tetapi ada pula yang apomiksis (biji vegetatif). Jenis yang banyak dibudidayakan adalah varietas Komering, Metesih, Condet dan Kalikajar. 

Tanaman buah duku dapat tumbuh subur dan berproduksi baik bila dibudidayakan pada tanah yang banyak mengandung bahan organik, subur. 

Tanaman duku pada umumnya dapat tumbuh di daerah yang curah hujannya tinggi dan merata sepanjang tahun. Tanaman duku tumbuh secara optimal di daerah dengan iklim basah atau agak basah yang bercurah hujan antara 1500-2500 mm/tahun. Tanaman buah duku tumbuh optimal pada cahaya matahari tinggi. Tanaman buah duku dapat tumbuh baik dengan derajat keasaman tanah (pH) sekitar 6-7.

Tanaman duku tidak menghendaki air tanah yang menggenang karena dapat menghambat pertumbuhan dan produksi tanaman. Tanaman duku lebih menyukai tempat yang agak lereng karena tanaman duku tidak dapat tumbuh optimal pada kondisi air yang tergenang. Sehingga jika tempatnya agak lereng, air hujan akan terus mengalir dan tidak membentuk suatu genangan air. Ketinggian Tempat Umumnya tanaman duku menghendaki lahan yang memiliki ketinggian tidak lebih dari 650 m dpl.

Buah duku dapat tumbuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Tanaman buah duku termasuk jenis pohon buah musiman yang hanya berbuah setahun sekali. Tanaman buah duku akan bermunculan bunganya di awal musim hujan (September-Oktober) dan pada enam bulan kemudian buah dapat dipanen yaitu sekitar bulan (Februari-Maret). 

Tanaman duku dapat tumbuh subur jika terletak di suatu daerah dengan suhu rata-rata 190 C . Kelembaban udara yang tinggi juga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman duku, sebaliknya jika kelembaban udara rendah dapat menghambat pertumbuhan tanaman duku.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen
alphamien-pupuk-169x300Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Minimum Order 2 Botol

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
melindungi tanaman dari hama dan penyakit
meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.






Advertisements