Advertisements

DUMAI – Seorang yang diduga melakukan pembakar lahan di wilayah  Kecamatan Sungai Sembilan berhasil di amankan Aparat Kepolisian Resort (Polres) Dumai, Provinsi Riau, Polisi menduga pelaku melakukan pembakaran ini untuk membuka lahan baru yang akan dijadikan mata pencaharian.

Kapolsek Sungai Sembilan, AKP Supriyono mengatakan, Minggu (3/5/2015), penangkapan pelaku pembakar lahan ini bermula dari informasi masyarakat bahwa di Jalan Melati ada kegiatan pembersihan lahan dengan cara membakar.

Advertisements

“Akibat membakar lahan gambut yang ditumbuhi ilalang dan pohon kecil kering, api dengan cepat menyebar ke lahan samping dan api jadi tidak terkendali,” ujarnya kepada pers.

Sebagaimana disadur Antara Riau, kata Supriyono, dari tangan pelaku berinisial SW, polisi juga mengamankan satu korek api yang diduga digunakan untuk membakar lahan tersebut ditambah satu batang pohon sawit yang sudah hangus terbakar.

Ia menjelaskan, masyarakat pelapor mengaku sangat panik ketika mengetahui api dari lahan sebelah meluas membakari lahan perkebunan kelapa sawit miliknya seluas empat hektar akibat api yang tidak terkendali.

Sementara pemadaman manual yang dilakukan pemilik lahan mengalami kendala karena sulitnya mendapatkan sumber air di lokasi lahan terbakar tersebut.

“Anggota polisi yang mendapat laporan dari masyarakat langsung melakukan penyelidikan di lapangan dan mengamankan pelaku pria paruh baya tersebut,” terangnya. (T3)

Advertisements