Advertisements

MUKOMUKO – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rabu (6/5/2015), menemukan tambang galian C batu ilegal dalam kawasan lahan hak guna usaha milik PT Agro Muko, sebuah perusahaan yang bergerak disektor perkebunan kelapa sawit di Mukomuko.

“Kami temukan di lokasi itu adanya tambang batu ilegal. Lokasinya di B15, dengan prakiraan area penambangannya 0,18 hektare,” jelas Kabid Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bakhtiar Sopian, mewakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum setempat Apriansyah, seperti ditulis Antara Bengkulu

Advertisements

Personel Dinas Pekerjaan Umum daerah ini pada Rabu pagi mengecek lokasi tambang galian C batu ilegal dalam hak guna usaha (HGU) PT Agro Mukomuko, perusahaan perkebunan kelapa sawit dekat Air Punggur Kelurahan Koto Jaya.

Ia mengemukakan, dia bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum setempat sempat mengecek lokasi tambang galian C batu itu berdasarkan keterangan dari warga setempat.

Karena lokasi tambang galian C batu itu dinilai ilegal, pihaknya dengan tegas meminta perusahaan penanaman modal asing (PMA) itu segera menghentikan penambangan tersebut.

Untuk itu ia minta perusahaan tersebut segera mereklamasi lokasi tambang itu menjadi seperti keadaan semula. “Secepatnya kami sampaikan surat teguran kepada perusahaan itu, agar cepat mereklamasi,” tegasnya. (T3)

Advertisements