Advertisements

JAKARTA, SAWITINDONESIA – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) merilis data pertumbuhan ekspor produk sawit dari Januari sampai April 2015 25% menjadi 7,88 juta ton, daripada periode sama tahun lalu berjumlah 6,3 juta ton.

Fadhil Hasan, Direktur Eksekutif GAPKI menyebutkan kebutuhan akan minyak sawit di pasar global terus meningkat, padahal minyak sawit hanya sebagai minyak substitusi terutama di China, Amerika dan Eropa yang lebih suka menggunakan minyak kedelai, canola dan minyak bunga matahari.

Advertisements

“Meningkatnya kinerja ekspor minyak sawit Indonesia pada bulan April ini tidak terlepas dari permintaan dari India, Uni Eropa dan China yang merupakan pasar utama ekspor minyak sawit Indonesia,” dalam rilisnya.

. Pasar baru negara-negara Afrika juga kian bergairah dan terus menunjukkan kenaikan selama dua bulan berturut-turut. Volume ekspor minyak sawit Indonesia ke India di April ini tercatat naik 45,5 persen dibandingkan bulan lalu atau dari 434 ribu ton di bulan Maret menjadi 631 ribu ton pada April 2015. Kenaikan volume ekspor ini diikuti oleh negara China 15 persen dan negara Uni Eropa sebesar 8,5 persen.

Peningkatan permintaan yang jumlahnya tidak banyak akan tetapi sangat signifikan secara persentase datang dari Pakistan dan Amerika Serikat (AS). Pakistan membukukan kenaikan permintaan sebesar 101 persen dari 75,75 ribu ton menjadi 152 ribu ton. Sementara itu AS mencatatkan kenaikan permintaan sebesar 91 persen atau dari 28,8 ribu ton menjadi 55 ribu ton.

Kenaikan Volume ekspor juga dipengaruhi wabah penyakit yang menyerang tanaman Olive di Italia, dimana sekitar 11 juta pohon Olive direkomendasikan European Commission untuk dimusnahkan karena terinfeksi bakteri Xylella Fastidiosa. Pada pertengahan April sekitar 1 juta pohon telah dimusnahkan. Penebangan/pemusnahan harus dilakukan karena hanya itu satu-satunya cara untuk memberantas bakteri Xylella Fastidiosa.

Sementara itu, penguatan dollar AS terhadap mata uang rupiah juga mendongkrak kinerja ekspor minyak sawit Indonesia ke negeri Paman Sam. 

 

sumber foto: carsurin

Kami Juga Menyediakan Produk – Produk Unggulan dibawah ini

Kacangan Jenis CM Berat 1 kg

kacang kacangan penutup tanah (legume cover crops) dengan berbagai jenis ini merupakan tumbuhan yang berfungsi sebagai pengikat nitrogen sehingga kadar kelembapan tanah akan tetap terjaga. Fungsi dan kestabilan kelembapan ini biasanya dibutuhkan pada masa pertumbuhan pohon karet dan pohon sawit atau sejenisnya dalam

Selengkapnya

Raja Latex Pluss – Solusi Meningkatkan Hasil Sadap Karet, Mati Getah, Kulit Keras Pada Batang Karet

Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Selengkapnya

Jual Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Dari segi imbal hasil, secara umum bisnis kebun sawit memberikan return yang jauh lebih besar dibandingkan dengan property rumah, kHUSUS bAGI ANDA YANG MENCARI BENIH SAWIT UNGGUL KAMI MENYEDIAKANNYA. Kami Menyediakan Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Selengkapnya

NPK HUMAGROW HUMID ACID : 6-30-6 PLUS SPesial Khusus Pupuk Karet Dan Sawit, dan Tanaman Lainnya

Kelebihan Pupuk NPK Humagrow yaitu : Memperbaiki Unsur Unsur tanah dan tanaman keras, yang bisa menghasilkan 2 kali lipat dari hasil sebelumnya 1. Memperbaiki dan meningkatkan dan membentuk pertumbuhan Akar yang kuat 2. Tanah lebih Remah dan lebih lama menahan air, sehingga 99 % pemupukan bisa diserap oleh tanaman, dan

Selengkapnya

Pupuk Organik Buah dan Sayuran Alphamien , Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik Hasil Panen Meningkat,

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik
Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak, Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah

Selengkapnya

Previous

Advertisements