Perkebunan TehIndowarta – Pasar Amerika dan Eropa mengagumi kualitas teh organik Indonesia. Rasa antusias warga Amerika dan Eropa menyambut teh dari Indonesia ini tampak pada 6-8 Mei 2015 waktu acara World Tea Expo 2015, di California. Hasil dari pameran tersebut Indonesia Remarkable Tea Pavilion berhasil melakukan transaksi jual beli hingga memperoleh US$ 500 ribu.

Selain itu dalam ajang World Tea Expo 2015, pihak Indonesia juga sukses menggugah rasa ingin tahu para pebisnis dan tea blogger America. Keterangan ini disampaikan oleh Umar Hadi, Konsul Jenderal RI di Los Angeles.

Dia mengatakan jika lewat pameran ini, para pelaku bisnis internasional akhirnya bisa mengetahui jika Indonesia merupakan produsen teh organic dengan kualitas mendunia.

Advertisements

Umar menambahkan teh organik merupakan produk ekpor yang menjajikan hingga ke kancah internasional. Mengingat para pelaku dunia usaha America dan Eropa sekarang telah mengetahui jika Indonesia memiliki sebuah komiditi teh yang berkualitas tinggi.

Melihat respon pasar yang begitu tinggi maka pihak Indonesia akan terus melakukan upaya pemasaran pengenal produk sehingga teh organik Indonesia dikenal hingga di dunia.

Dalam gelaran World Tea Expo 2015 ini, Indonesia menampilkan produk teh organik dan teh premium dari 3 perusahaan yaitu, PT Bukit Sari, PT Harendong , TehKu, serta GloPac. Perusahan-perusahaan tersebut adalah penghasil paper product packaging. Keterangan ini diperoleh dari Kementerian Perdagangan RI lewat Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles.

Meningkatnya minat pasar Amerika terhadap teh Indonesia juga disampaikan oleh Kepala ITPC, Los Angeles, Arief Wibisono. Arief mengtakan bahwa komsumsi pasar Amerika terhadap teh Indonesia naik.

Dia menambahkan terlebih dengan adanya World Tea Expo 2015, Indonesia harus bersiap diri untuk memproduksi teh dalam jumlah yang lebih banyak pada tahun 2019, karena ada kenaikan hingga 0,6 kilogram per tahun.

Peningkatan yang signifikan terhadap minat pasar Amerika terhadap teh Indonesia juga didasarkan pada data US Department of Commerce, yang diterbitkan tahun 2014. Data tersebut menunjukan jika Indonesia berhasil mengekspor hingga US$ 8,19 juta dan mendominasi hingga 1,66 persen usaha teh di Amerika.

 

Sumber berita: Indowarta.com

Advertisements