Advertisements

JAKARTA, SAWITINDONESIA – Presiden RI Joko Widodo resmi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian di Kabinet Kerja. Pria kelahiran Bone ini dikenal mempunyai bisnis di sektor perkebunan, agrokimia, distributor dan pertambangan di wilayah Sulawesi Selatan. Sebelum menjadi pengusaha, Amran Sulaiman pernah bekerja di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV.

Dalam pengumuman nama menteri pada 26 Oktober kemarin, Joko Widodo menyebut Amran Sulaiman adalah petani muda yang sukses membangun bisnisnya. “Beliau ini juga praktisi sekaligus pemikir,” kata Jokowi panggilan akrab Joko Widodo seperti dikutip dari laman detik.com.

Advertisements

Pernyataan Jokowi ini tidaklah berlebihan apabila melihat sepak terjang Amran Sulaiman dalam dunia bisnis.  Berdasarkan data yang dihimpun Majalah SAWIT INDONESIA, Amran Sulaiman menemukan produk dan alat pengendalian tikus.  Produk pengendali tikus ini bernama Tiran tikus 58PS. Nama Tiran singkatan dari Tikus Diracun Amran. Penelitian produk ini memakan waktu sekitar dua tahun antara tahun 1989-1992.

Tak hanya itu, lulusan Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin ini juga membuat alat pembasmi tikus bernama Alpostran merupakan singkatan dari, Alat Empos Tikusnya Amran. Atas kerja kerasnya ini Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahi  Satyalencana dari pada Juli 2009.

Di dunia usaha, Amran Sulaiman piawai dalam berbisnis. Salah satunya adalah perkebunan sawit yang dikelola perusahaannya bernama PT Tiran Sulawesi. Perkebunan sawitnya berada di wilayah Morowali, dekat perbatasan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

Selain sawit, Tiran Grup sedang menjajaki pembangunan dua unit pabrik gula yang berlokasi di Konawe Selatan bernilai Rp 4 triliun. Kapasitas pabrik gula ini mencapai 200 ribu per tahun. Nantinya pabrik ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan gula di kawasan Indonesia Timur yang rata-rata berjumlah 240 ribu ton per tahun.

Dibawah bendera Tiran Grup, dirinya memiliki 10 perusahaan antara lain  PT Tiran Sulawesi (perkebunan tebu dan sawit ), PT Tiran Indonesia (tambang emas), PT Tiran Makassar (distributor Unilever), PT Tiran Bombana (emas, timah hitam), PT Tiran Mineral (tambang nikel), PT Bahteramas (pabrik gula di Konawe Selatan), PT Amrul Nadin (SPBU percontohan Maros), CV Empos Tiran (produsen rodentisida), CV Profita Lestari (distributor pestisida), CV Empos (distributor Semen Tonasa).

Kami Juga Menyediakan Produk – Produk Unggulan dibawah ini

Kacangan Jenis CM Berat 1 kg

kacang kacangan penutup tanah (legume cover crops) dengan berbagai jenis ini merupakan tumbuhan yang berfungsi sebagai pengikat nitrogen sehingga kadar kelembapan tanah akan tetap terjaga. Fungsi dan kestabilan kelembapan ini biasanya dibutuhkan pada masa pertumbuhan pohon karet dan pohon sawit atau sejenisnya dalam

Selengkapnya

Raja Latex Pluss – Solusi Meningkatkan Hasil Sadap Karet, Mati Getah, Kulit Keras Pada Batang Karet

Pengeluaran Getah disadap 2 x lipat atau 40 – 70 % dan meningkatkan kandungan getah kering dan yang mati getah atau kekeringan bisa normal karena ada kandungan vitamin 40 % yang tidak dimiliki obat poles selain Raja Latex Pluss dan enzim 48 %

Selengkapnya

Jual Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Dari segi imbal hasil, secara umum bisnis kebun sawit memberikan return yang jauh lebih besar dibandingkan dengan property rumah, kHUSUS bAGI ANDA YANG MENCARI BENIH SAWIT UNGGUL KAMI MENYEDIAKANNYA. Kami Menyediakan Benih Sawit Lonsum, PPKS, dan Socfindo

Selengkapnya

NPK HUMAGROW HUMID ACID : 6-30-6 PLUS SPesial Khusus Pupuk Karet Dan Sawit, dan Tanaman Lainnya

Kelebihan Pupuk NPK Humagrow yaitu : Memperbaiki Unsur Unsur tanah dan tanaman keras, yang bisa menghasilkan 2 kali lipat dari hasil sebelumnya 1. Memperbaiki dan meningkatkan dan membentuk pertumbuhan Akar yang kuat 2. Tanah lebih Remah dan lebih lama menahan air, sehingga 99 % pemupukan bisa diserap oleh tanaman, dan

Selengkapnya

Pupuk Organik Buah dan Sayuran Alphamien , Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik Hasil Panen Meningkat,

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik
Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak, Manfaat :

Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah

Selengkapnya

Previous

Advertisements