JAKARTA (Pos Kota)-Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan,  untuk memenuhi kebutuhan pangan selama  bulan puasa dan Lebaran pasokan kebutuhan bahan pangan aman. Karena itu  pemerintah belum berencana untuk  melakukan impor.

“Impor bahan pangan, seperti beras, jagung, kedelai, bawang, cabai, gula pasir, dan daging sapi, merupakan pilihan terakhir pemerintah hanya  untuk mengendalikan harga,”  katanya kemarin.

Menurut Amran, dari hasil pantauannya ke sejumlah pasar persediaan berbagai kebutuhan pokok masih relatif tersedia. Jika ada sejumlah komoditas yang harganya naik disebabkan kurang lancarnya distribusi.

Advertisements

Dari dialog langsung dengan pedagang diketahui sejumlah harga bahan kebutuhan pokok tersebut memang telah naik seperti  bawang merah.Amran menjelaskan harga bawang di Pasar Induk Kramat Jati mencapai Rp27 ribu/kg, sedangkan berdasarkan hasil tinjauannya beberapa hari lalu di Brebes sekitar Rp14 ribu/kg.

“Harga bawang merah Rp 27 ribu per kilogram, pedagang langsung beli di Brebes, hampir Rp18 ribu. per kilogram.Namun, kemarin dicek Rp14 ribu per kilogram,” katanya kepada wartawan.

Perbedaan harga yang cukup tinggi antara di daerah sentra dan Pasar Induk ini disebabkan oleh adanya dugaan aksi spekulan dan tengkulak yang memanfaatkan momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. (faisal)

Advertisements