daun gandarusaPERNAH lihat tanaman Gandarusa? Tanaman pagar berupa semak perdu ini mulai naik daun. Tanaman Gandarusa ternyata bermanfaat untuk “kontrasepsi alami untuk pria. Masyarakat lokal Papua ternyata sudah sejak lama memakai tanaman Gandarusa sebagai bagian dari kontrasepsi KB pria dalam sistem adat mereka. Beberapa riset mendukung pula fungsi kontrasepsi ini. Apalagi kontrasepsi saat ini lebih banyak diterapkan pada kaum perempuan. Temuan ini tentu saja menarik. Apalagi selama ini kontrasepsi pada pria lebih banyak kendalanya. Tak cukup itu, tanaman Gandarusa bahkan disebut-sebut mampu berpotensi (dalam riset) untuk menyembuhkan HIV/AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Selain tanaman Gandarusa (Gendarussa vulgaris) efektif untuk menekan pertumbuhan spermatozoa  (Antispermatozoa), ternyata herbal ini memiliki banyak kelebihan.

Apa saja manfaat daun Gandarusa?

1. Kontrasepsi Hormonal (harap Waspada bagi pria)

Herbal ini menjadi alat kontrasepsi pria di Papua. Sistem adat mereka tentang perkawinan mensyaratkan kaum pria memakan daun Gandarusa sebagai kearifan lokal untuk mencegah kehamilan.  Ternyata tanaman Gandarusa memiliki efek anti-spermatozoa, atau mematikan sperma (baca juga : Manfaat daun ketumbar). Riset yang dilakukan para ahli pada orang Papua, membuktikan akan hal itu. Saat ini penemuan itu sudah dipatenkan.

2. Pereda Nyeri (Analgetik).

Daun Gandarusa juga bisa menjadi pereda nyeri. Daunnya yang berasa sedikit pedas, asam dan getir, membantu melancarkan peredaran darah, pereda rasa mual dan anti rematik.

Baik Sebagai Pereda Nyeri

3. Obat Pelancar Kencing.

Daun Gandarusa memiliki efek diuretik. Bisa untuk obat orang yang mengalami kesulitan tidak bisa kencing. Minum air rebusan daun Gandarusa secara kontinyu sekitar 2 kali sehari akan mampu menyembuhkannya.

Baik untuk melancarkan kencing

4. Obat Reumatik.

Daun Gandarusa juga bisa sebagai herbal untuk obat reumatik. Minum air rebusan daun Gandarusa secara kontinyu maksimal 2 kali sehari. Reumatik akan sembuh.

Baik sebagai obat rematik

5. Obat Penurun Panas.

Herbal ini memiliki efek analgetik, untuk menurunkan sakit panas. Air rebusan daun Gandarusa diminum maksimal 2 kali sehari sampai panas turun. Bisa juga tubuh dikompres dengan daun yang telah ditumbuk halus yang dibalurkan ke badan.

Baik sebagai obat penurun panas

6. Obat Sakit Kepala.

Minum segelas air rebusan daun Gandarusa, secara kontinyu maksimal 2 kali sehari.

Baik Sebagai obat sakit kepala

7. Obat untuk Perangsang Muntah.

Air rebusan daun Gandarusa diminum 2 kali sehari agar merangsang muntah.

Baik untuk perangsang muntah

8. Obat Melancarkan Peredaran Darah.

Air rebusan daun Gandarusa diminum secara kontinyu maksimal 2 kali sehari. Hal ini akan membantu melancarkan aliran darah.

Baik untuk melancarkan peredaran darah

9. Obat Luar.

Tanaman Gandarusa biasa dimanfaatkan sebagai ramuan luar guna atasi berbagai keluhan. Seperti obat bisul, obat memar, terkilir, keseleo, luka terpukul, memar, bengkak, borok, eksim, dan obat patah tulang. Daun tanaman ditumbuk halus sampai lumat dan ditapalkan di daerah luka. Kondisi tulang yang patah harus dalam kondisi benar posisinya dan sudah terfiksasi dengan kayu.

10. Patah Tulang & Bisul.

Lumatkan daun Gandarusa sampai halus, tambahkan cuka secukupnya dan aduk rata. Tempelkan pada daerah luka atau bisul.

11. Obat Sakit Telinga.

Air rebusan daun Gandarusa diteteskan ke dalam telinga.

12. Obat Kelumpuhan Wajah.

Air rebusan daun Gandarusa dipakai untuk cuci muka. Pijit-pijit pada bagian wajah yang sakit.

13. Obat Sakit Mata.

Air rebusan daun Gandarusa bisa untuk cuci mata. Bila perlu tambah dengan minum air rebusan daun Gandarusa secara kontinyu sekitar 2 kali sehari.

14. Obat Borok/eksim.

Daun Gandarusa ditumbuk dan ditapalkan ke daerah luka borok/eksim.

Cara Penggunaan Daun Gandarusa

Pemanfaatan tanaman Gandarusa untuk pengobatan di atas, bisa memanfaatkan  daun yang masih segar, akar atau rimpang, atau daun yang sudah dikeringkan.

Pemakaian Luka Luar. Cara ini digunakan untuk memar, bengkak, keseleo, rematik, borok, eksim, dan patah tulang.

  • Tumbuk dan haluskan atau peras daun Gandarusa segar, biarkan airnya tercampur keluar. Lalu tapalkan ke tempat yang sakit, seperti pada tulang patah, memar, bengkak, terkilir, bisul atau lainnya. Lakukan secara rutin sampai luka sembuh.
  • Tumbuk dan haluskan atau peras daun Gandarusa segar, kemudian gunakan air perasan daun segar sebagai obat tetes pada telinga yang sakit, atau mata yang sakit.
  • Air perasan bisa juga sebagai kompres atau desinfektan untuk mencuci koreng dan borok.
  • Layukan daun Gandarusa di atas api. Setelah daun layu tempelkan pada tubuh yang memar. Bisa juga daun yang ditumbuk halus ditapalkan dengan cara di atas. Bisa ditambah dengan rebusan yang diminum. Tunggu beberapa saat, maka memar atau bengkak akan mengempis dengan sendirinya.

Obat yang Diminum. Digunakan untuk melancarkan peredaran darah, anti rematik, atau merangsang muntah.

Siapkan sebanyak 20 daun Gandarusa, dicuci dan direbus sampai benar-benar mendidih. Biarkan sampai airnya tinggal sepertiganya. Angkat dan saring airnya, kemudian minumlah secara kontinyu pagi atau sore @ 1 gelas. Daun Gandarusa mengandung alkaloid yang dalam jumlah banyak akan bersifat  meracuni. Minumlah air rebusan daun Gandarusa secukupnya saja setiap harinya.

Efek Samping Daun Gandarusa

Tanaman Gandarusa memiliki kandungan unsur kalium, minyak atsiri, justicin dan alkaloid yang agak beracun.

  • Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi herbal ini karena bisa mengganggu kehamilan.
  • Pada dasarnya tanaman Gandarusa beracun. Daunnya mengandung alkaloid yang berpotensi menyebabkan racun bagi manusia. Diperlukan proses pengolahan yang benar agar racun yang dikandungnya benar-benar hilang.

Pembuktian khasiat tanaman Gandarusa sebagai KB hormonal merupakan langkah positif dari keberhasilan pemanfaatan herbal tropikal Indonesia. Apalagi Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama dengan industri pabrikan obat berhasil meriset, membuat dan meluncurkan tablet herbal kontrasepsi pria ini. Tablet yang diproduksi secara massal ini masih belum dipasarkan secara luas. Bagaimana pun, perlu riset mendalam dan komprehensif tentang khasiat Gandarusa. @

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Tags: artikel budidaya belimbing wuluh, belimbing wuluh obat jerawat, belimbing wuluh pdf, belimbing wuluh untuk jerawat, kandungan belimbing wuluh, khasiat belimbing wuluh kesehatan, klasifikasi belimbing wuluh, manfaat belimbing wuluh
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kulit cempedak bagi kesehatan merupakan informasi yang sangat bermanfaat jika anda ketahui sedini mungkin. Seperti yang sudah pasti anda ketahui, buah cempedak adalah buah yang cukup populer konsumsinya oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan manfaat kulitnya? Sejujurnya, hampir tidak ada yang mengetahui apa manfaat dari kulit cempedak bagi kesehatan. Untuk itulah disusun artikel ini yang […]

Bagi Anda pecinta buah-buahan, apel menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda. Apel diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis apel yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi adalah apel manalagi. Apel ini merupakan apel yang berwarna hijau. Jika pada dasarnya buah-buahan yang memiliki warna kulit yakni hijau, biasaya diindekasikan oleh masyarakat sebagai […]

Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam […]

Masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengenal tentang buah carica ini. Buah Carica hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja. Meskipun buah Carica memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan namun sayangnya buah carica hanya dapat anda temukan di dataran tinggi saja. Buah cariaca merupakan buah yang berasal dari Amerika yang di mana buah […]

Ciplukan merupakan tanaman liar yang biasanya hidup diantara semak-semak. Tingginya berkisar antara 40-70 cm. Tanaman ciplukan memiliki buah berukuran kecil yang terbungkus oleh kelopak yang melingkupinya. Namun dibalik ukurannya yang berukuran kecil ternyata buah ciplukan menyimpan begitu banyak khasiat dan kegunaan. Buah ini memiliki manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Dahulu, sebagian orang membiarkan tanaman ini […]