< >

seputar pertanian

Advertisements

< readability="47.97554601456">
< style="text-align: justify;">

Labu siam pertama kali ditemukan oleh Patrick Browne di Jamaika tahun 1756. Jenis tanaman ini banyak ditanam di kawasan Filipina, Malaysia, dan Indonesia. Di Meksiko labu siam tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja, umbinya juga dipakai sbg bahan pangan sumber karbohidrat. Sebagian besar penduduk Indonesia labu siam dikenal dgn beberapa sebutan, seperti labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur) & waluh siam (Jawa Barat). Didunia umumnya sayuran ini disebut chayote.

Buah labu siam biasanya dimasak sebagai lalapan,sayur lodeh,oseng-oseng,sayur asam. Pucuk batang & daun mudanya biasa dibuat lalap/sayuran lainnya. Labu siam (Sechium edule Sw) merupakan tanaman yg termasuk dlm famili Cucurbitaceae. Tanaman ini termasuk tanaman merambat yg dapat tumbuh pd tanah dataran tinggi maupun dataran rendah, tanpa memerlukan perawatan khusus.

Berdasarkan penampilan buahnya, labu siam terbagi dua varietas, yaitu varietas labu siam & varietas labu anggur.

– Kaya Serat

Buah labu siam memiliki kadar serat cukup baik, yaitu 1,7 g per 100 g. Konsumsi serat dlm jumlah yg cukup sgt baik untuk mengatasi sembelit & aman untuk lambung yg sensitif/radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yg disebabkan sistem pencernaan yg tidak sempurna. Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dr rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dlm bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dlm tubuh juga makin pendek, sehingga peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.

< style="text-align: justify;" readability="11.719939117199">– Kandungan asam folat pd buah labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 g. Konsumsi 100 gram labu siam cukup untuk memenuhi 23,25% kebutuhan tubuh akan asam folat. Asam folat sangat penting bg ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yg rendah pd ibu hamil berhubungan erat dgn berat bayi lahir rendah & kejadian neural tube defects (gangguan otak). Defisiensi asam folat ditandai oleh gejala anemia, yaitu jumlah sel butir darah merah berkurang. Kebutuhan asam folat pd orang dewasa adalah 400 mkg per hari. Kebutuhan ini jadi dua kali lipat pd ibu yg sedang hamil, dan bertambah 50% pd ibu sedang menyusui.

– Turunkan Kolesterol.

Buah labu siam juga kaya akan Kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dlm darah. Kalium bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yg tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, jadi tubuh lebih segar. Selain itu, buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yg cukup tinggi.

– Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yg disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dlm hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dlm tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak & protein, yaitu sebagai koenzim I dan koenzim II. Niasin sangat diperlukan agar suplai energi dlm jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yg parah setelah beberapa bulan akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yg khas dan simetris,terutama di bagian badan yg tidak tertutup seperti tangan, lengan, siku, kaki, kulit, dan leher.

– Labu siam juga kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 punya peran penting dlm metabolisme protein. Vitamin B6 sangat esensial untuk proses transaminasi & deaminasi serta dekarboksilasi asam amino. Kebutuhan per hari mencapai 0,02 mg untuk dewasa; 0,015 mg untuk bayi; 0,2-1,2 untuk anak-anak, dan 1,4-2 mg untuk remaja.

– Kandungan selenium pd labu siam juga cukup baik. Selenium berperan penting untuk memperbaiki mood. Sebuah penelitian di Amerika Serikat (1996) membuktikan bahwa orang yg kadar selenium tubuhnya paling rendah menunjukkan mood yang paling buruk. Konsumsi selenium disarankan sekitar 55-70 mkg perhari.

Komposisi Gizi per 100 gram Labu Siam – Komposisi gizi Kadar

Energi (kkal)… 17

Protein (g)…. 0,82

Lemak (g)…. 0,13

Karbohidrat (g)…. 3,9

Serat (g)… 1,7

Gula (g)… 1,85

Kalsium (mg)… 17

Besi (mg)… 0,34

Magnesium (mg)… 12

Fosfor (mg)… 18

Kalium (mg)… 125

Natrium (mg)… 2

Seng (mg)… 0,74

Tembaga (mg)… 0,12

Mangan (mg)… 0,19

Selenium (mg)… 0,2

Vitamin C … 7,7

Tiamin (mg)… 0,03

Riboflavin (mg)… 0,03

Niacin (mg)… 0,47

Vitamin B6 (mg)… 0,08

Folat (mkg)… 93

Vitamin E (mkg)… 0,12

Vitamin K (mkg)… 4,6

– Cegah Hipertensi.

tergolong makanan sehat untuk jantung & pembuluh darah bila mengandung rasio kalium:natrium minimal 5:1. Setiap 100 gram buah labu siam mengandung kalium:natrium dengan perbandingan 62:1. Selain itu, labu siam juga diketahui memiliki efek diuretik, sehingga mampu menurunkan kadar garam di dlm darah melalui pembuangan air seni. Berkurangnya kadar garam yg bersifat menyerap/menahan air ini akan meringankan kerja jantung dlm memompa darah, sehingga tekanan darah akan menurun.

– Labu siam juga sangat baik bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan buang air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dlm tubuh.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

<>

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan  Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements