< readability="145.40304606241">

Di bawah ini DaunKu telah merangkumkan tata cara menanam Anggur dalam pot dengan metode yang sederhana dan mudah. Sehingga, dapat diikuti oleh siapa saja yang berminat mempraktekkannya.

Tahap Persiapan

Advertisements

1.  Bibit Anggur Siap Tanam

Sebelum ke tahapan cara menanam Anggur dalam pot, hal pertama yang perlu dilakukan adalah tahap persiapan tanam. Persiapan paling mendasar yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit Anggur siap tanam dengan kesehatan dan kualitas tumbuh yang baik. Anda bisa membelinya langsung di toko-toko tanaman atau nursery terdekat di kota Anda. Namun apabila tidak ada, bisa juga membeli dari penjual di luar kota. Untuk yang satu ini DaunKu sarankan jangan asal beli. Ada baiknya Anda membeli bibit Anggur yang masih berupa batang segar untuk ditanam secara stek batang.

Mengapa begitu? Ketika Anda menanam bibit Anggur sejak tahapan semai (stek batang) hingga tahap pembesaran di rumah Anda, maka tanaman Anggur tersebut akan sangat akrab dengan kondisi geografis dan lingkungan di rumah Anda. Sehingga, daya tahan tanaman terhadap berbagai faktor geografis dapat jauh lebih kuat dibandingkan dengan Anda menanam bibit Anggur yang proses penyemaiannya (stek batang) di kota lain, misalnya Anda membeli bibit siap tanaman dari penjual di kota lain. Karena, bibit tersebut tentu harus beradaptasi kembali dengan lingkungan alam di rumah Anda.

Dalam proses adaptasi tersebut, biasanya pertumbuhan Anggur akan menjadi lambat dan mudah terserang penyakit. Cukup buruk, bukan. Untuk itu, tanamlah bibit Anggur dari proses semai atau stek hingga tahap pembesaran sepenuhnya di kebun atau pekarangan rumah Anda.

Terkait masalah bibit Anggur berupa batang segar siap semai, DaunKu telah menyediakannya untuk Anda, silahkan kunjungi halaman kami di sini:

Jual Bibit Anggur Berkualitas – Batang Stek

Sementara untuk panduan menyemainya, Anda bisa pelajari melalui halaman kami di sini:

Cara Menanam Anggur Dengan Stek Batang

2.  Media Tanam dan Pot

Persiapan selanjutnya adalah menyediakan media tanam berupa campuran tanah – pasir – pupuk kandang (1:1:1). Pastikan bahwa tidak ada serangga maupun tumbuhan (jamur, rumput, dsb) pada media tanam tersebut. Sehingga, media tanam harus benar-benar bersih dan terhindar dari segala materi pengganggu yang dapat merusak pertumbuhan akar tanaman Anggur dikemudian hari.

Sementara untuk pot-nya, gunakan pot dari bahan-bahan yang kuat seperti; belahan drum, pot semen, atau pot plastik dengan ukuran yang tebal. Pot harus berbahan kuat karena tanaman Anggur nantinya akan diletakkan pada area full panas matahari dan tidak terlindung dari guyuran hujan. Sehingga, apabila pot mudah rusak atau pecah, tentu tidak akan mampu bertahan lama akibat sengatan panas matahari dan guyuran air hujan.

3.  Furadan 3G

Belilah insektisida ini untuk menjauhkan tanaman Anda dari serangan hama yang merusak.

4.  Pupuk Urea atau NPK

Belilah salah satu dari kedua jenis pupuk ini untuk keperluan beberapa bulan kedepan.

5.  Kawat Besi

Siapkan kawat berbahan besi anti karat yang nantinya digunakan untuk membuat para-para rambat tanaman Anggur.

6.  Gunting Pemotong Ranting

DaunKu menganjurkan Anda untuk menyiapkan gunting pemotong ranting yang bisa dibeli di toko-toko tanaman terdekat di kota Anda. Karena, nantinya Anda akan sering melakukan pemangkasan secara rutin pada cabang-cabang sekunder tanaman.

Apabila ke-6 persiapan di atas telah direalisasikan, maka langkah selanjutnya adalah proses cara menanam Anggur dalam pot sesuai dengan judul tulisan ini.

Tahapan Cara Menanam Anggur Dalam Pot

Di bawah ini adalah panduan sederhana cara menanam Anggur dalam pot yang mudah. Silahkan dipelajari!

1.  Pertama-tama, masukkan seluruh media tanam berupa campuran tanah – pasir – pupuk kandang (1:1:1) ke dalam pot hingga terisi penuh, diikuti dengan menanamkan bibit Anggur siap semai yang telah disiapkan pada bagian tengah-tengah pot. Dan siramlah hingga seluruh media dalam pot basah atau lembab.

2.  Kemudian, buatlah para-para dari kawat besi dengan cara membuatnya seperti jaring-jaring kotak melingkari sisi pot. Anda bisa curahkan segala kreatifitas membuat para-para di sini. Sesuaikan dengan selera Anda saja.

3.  Lalu berikan insektisida Furadan 3G di sekeliling pot, supaya tidak ada hama yang datang dan merusak. Sebenarnya sampai poin ke-3 ini sudah merupakan akhir dari cara menanam Anggur dalam pot. Namun supaya lebih lengkap, DaunKu beri sedikit tambahan terkait cara perawatan pohon Anggur pada 2 poin di bawah ini:

a.  Setelah usia tanaman di dalam pot mencapai kurang lebih 1 bulan, maka berikan pupuk urea atau NPK seimbang sebanyak 1 sendok makan yang dicampur air sekitar 1 liter. Kemudian disiramkan di sekeliling tanaman. Proses pemupukan ini dijadwalkan setiap 15 hari sekali.

b.  Ketika batang primer dan cabang-cabang sekunder telah melampaui tinggi para-para, maka lakukan pemangkasan dengan menggunakan gunting potong tanaman. Lakukan secara rutin ketika tanaman dalam kondisi yang telah disebutkan tersebut.

c.  Sementara untuk tahapan pembuahan tanaman Anggur, telah DaunKu rangkum dalam ulasan di bawah ini:

Tips Pohon Anggur Cepat Berbuah

Itulah panduan cara menanam Anggur dalam pot yang mudah dan sederhana. Semoga dapat membantu dan menjadi referensi pembaca semua. Selamat mencoba!


Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

<>

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan  Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements