JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menyatakan harga kebutuhan pokok dalam kondisi stabil sehingga tidak menyebabkan gejolak setelah Lebaran. Kalau pun ada kenaikan terbilang wajar.

“Tidak ada gejolak harga sebelum dan pasca Lebaran. Kenaikan harga yang terjadi masih dalam batas wajar sesuai dengan peningkatan permintaan pasar,” kata Mendag, dalam keterangan persnya  ketika meninjau Pasar Gedebage, di Kota Bandung, Selasa (21/7).

Ia mengaku, timnya terus melakukan monitoring harga kebutuhan pokok di setiap daerah termasuk di beberapa titik yang dikhawatirkan terjadi lonjakan harga. Pemantuan ini dilakukan agar kenaikan harga tidak terjadi secara liar.

Advertisements

CUKUP AMAN
Namun sejauh ini, menurut dia, kondisi masih cukup aman dan tidak ada gejolak harga di atas batas kewajaran. Memang ada beberapa komoditas naik seperti daging sapi, daging ayam, telur dan cabai tapi hal itu hanya sesaat pada momen Lebaran.

“Pasca Lebaran juga tetap dipantau. Jalur distribusi kebutuhan pokok juga diawasi sehingga pada saat warga kembali ke kota masing-masing semuanya terpenuhi,” kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemantauan dilakukan hingga pekan depan, karena musim para pemudik kembali ke kota masing-masing di mana permintaan akan meningkat. “Namun peningkatan konsumen tidak akan sebesar momen Lebaran kemarin. Saya kira harga akan aman dan distribusi terawasi,” pungkasnya.(lina)

Advertisements