Berikut ini adalah sepuluh (10) makanan yang paling berbahaya bagi kesehatan burung Anda.

1. Cokelat

Advertisements

Cokelat sangat baik untuk dikonsumsi manusia, tetapi berbahaya atau fatal jika diberikan kepada burung peliharaan Anda. Cokelat yang beracun (bagi burung) akan lebih dahulu merusak sistem pencernaan burung, yang menyebabkan muntah dan diare. Pada kondisi (keracunan) berikutnya, sistem saraf pusat burung akan rusak, yang menyebabkan kejang dan akhirnya mati.

2. Biji Apel

Percaya atau tidak, apel – dan juga anggota rose family lainnya, termasuk ceri, persik, aprikot, dan pir – mengandung sejumlah Sianida dalam bijinya. Walaupun buah apel baik untuk burung Anda, namun Anda perlu berhati-hati kandungan racun pada biji dan bahan pestisida pada kulit buahnya. Jadi, pastikan untuk benar-benar membersihkan dan membuang bagian selain buah apel yang akan Anda berikan kepada burung momongan Anda guna menghindari toksin (racun) tersebut.

3. Apukat (alpukat/apokat)

Kulit dan biji dari buah terkenal ini diketahui bisa menyebabkan gangguan jantung dan, akhirnya, gagal jantung pada spesies burung peliharaan. Meskipun ada beberapa perdebatan tentang tingkat toksisitas (racun) pada apukat, namun apa yang umumnya disarankan adalah mengambil sikap “lebih baik aman daripada menyesal kemudian”, sehingga sebaiknya jauhkan produk-produk yang mengandung apukat lainnya dari burung peliharaan Anda.

4. Bawang

Karena penggunaan bubuk bawang (merah/bombay) atau bawang putih dalam jumlah terbatas sebagai bumbu perasa umumnya dianggap tidak bermasalah (bagi manusia), namun konsumsi bawang yang berlebihan dapat menyebabkan muntah, diare, dan masalah-masalah pencernaan lainnya (bagi burung). Penggunaan yang terlalu lama (terlalu sering) dapat menyebabkan anemia hemolitik (penurunan sel darah merah), yang diikuti dengan gangguan pernafasan dan, akhirnya, kematian.

5. Alkohol 

Meskipun pemilik burung yang bertanggung jawab tidak menginginkan hewan peliharaannya diberi minuman beralkohol, namun ada beberapa kasus di mana burung yang dibiarkan lepas dari sangkar/kandangnya mengalami keracunan alkohol ketika meneguk koktail (minuman keras sejenis wiski) yang ditemukannya. Alkohol dapat membuat sistem organ burung tertekan dan dapat berakibat fatal. Jadi, pastikan burung Anda tetap aman dengan meletakkannya di kandang/sangkarnya ketika ada minuman beralkohol di rumah Anda. 

6. Jamur

Jamur dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada burung. Pucuk jamur (berbentuk topi/payung) dan tangkai dari beberapa varietas jamur dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

7. Daun Tomat

Tomat, dan juga kentang, adalah buah lezat yang baik jika digunakan sebagai pakan burung Anda. Namun tangkai, akar, dan daunnya sangat beracun untuk hewan peliharaan (burung) Anda. Jadi, bersihkan dan iris/potong buah tomat yang akan Anda berikan sebagai makanan kepada burung Anda dan jangan lupa untuk membuang bagian-bagian yang berwarna hijau (tangkai dan daun) agar burung-burung Anda terhindar dari jenis racun apapun. 

8. Garam

Semua makhluk hidup membutuhkan sodium (natrium) dengan jumlah tertentu dalam sistem mereka. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan oleh burung, garam dapat mengganggu kesehatannya, di antaranya rasa haus yang berlebihan, dehidrasi, disfungsi ginjal, dan kematian. Jadi, pastikan untuk tetap mengawasi jumlah makanan yang mengandung garam untuk dikonsumsi burung Anda.

9. Kafein

Minuman ber-kafein seperti soda, kopi, dan teh adalah sangat populer untuk konsumsi manusia – tetapi minuman berkafein tersebut sangat berbahaya bagi burung Anda. Kafein dapat menyebabkan kerusakan jantung pada burung, dan mengakibatkan naiknya detak jantung, aritmia (gangguan denyut/irama jantung yang ditandai dengan detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat atau dengan pola tidak teratur), hiperaktif, dan serangan jantung. Berikan minuman yang sehat dari buah-buahan segar (murni) atau jus sayuran untuk burung kesayangan Anda – ini akan memuaskan indera perasa (lidah) burung Anda dan memenuhi kebutuhan gizinya.

10. Kacang-kacangan yang Kering (buncis, kacang panjang dan lain-lain)

Kacang-kacangan yang matang (dimasak) adalah makanan favorit bagi banyak burung, tapi kacang-kacangan kering yang mentah adalah sangat berbahaya bagi burung momongan Anda. Kacang-kacangan yang mentah (tidak dimasak) mengandung racun yang disebut hemaglutin yang sangat beracun bagi burung. Untuk menghindari racun tersebut, pastikan untuk benar-benar memasak jenis kacang-kacangan apapun yang Anda pilih untuk diberikan ke burung momongan Anda.

Translated from: birds.about.com

Maaf om & tante kalau artikel ini repost …

Kalau ada rekan2 KMer yg kurang berkenan dari artikel ini, mohon dimaafkan … karena sy jg manusia, yg bisa keliru dan salah bahkan khilaf kapan saja …

This article was originally published in forum thread:

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements