ilustrasi gulailustrasi gulaMEDBUN.NET – Memang pada dasarnya semua gula memiliki rasa manis, tapi ternyata beda jenis gula beda juga fungsi dan kegunannya.

Sugiharto, Wakil Ketua Umum Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) menjelaskan meskipun semua gula memiliki rasa manis tapi fungsi dan kegunannya berbeda-beda. Artinya dalam hal ini menurut AGRI, antara gula kristal putih (GKP) dengan gula Kristal rafinasi (GKR) meniliki pasar yang berbeda-beda.

Advertisements

“Jadi jangan menyamakan antara GKP dengan GKR karena meski keduanya sama-sama gula tapi fungsi dan pasarnya beda,” ucap Sugiharto kepada Media Perkebunan.

Lebih lanjut, menurut Sugiharto, mengapa ada GKR di Indonesia? Hal ini bermula di tahun 2004 dengan adanya Keputusan Presiden (Keppres) N0.57 tahun 2004, berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Kepmenperindag) No.527/MPP/Kep/2004 bahwa GKR hanya dapat diperjual belikan atau didistribusikan kepada industri makanan, minuman dan dilarang diperdagangkan kepasar atau secara eceran didalam negeri.

Adapun adanya GKR karena menurut Pemerintah, daripada industri makanan dan minuman meningpor langsung GKR alangkah baiknya jika diolah terlebih dahulu didalam negeri untuk mendapatkan nilai tambah baru digunakan untuk industri makanan dan minuman (mamin).

“Maka terpilihlah 11 perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan pengolahan raw sugar (gula mentah) untuk diolah menjadi GKR dan digunakan industri mamin. Dengan begitu impor raw sugar mempunyai nilai tambah untuk dalam negeri dan membuka lapangan pekrjaan untuk pabrik GKR,”  terang Sugiharto.

Advertisements