Tanaman KakaoTanaman KakaoJAKARTA. Produsen cokelat asal Amerika Serikat (AS), Mondelez International berkomitmen untuk menanam investasi tidak kurang dari US$ 400 juta selama sepuluh tahun melalui program Cocoa Life. Investasi tersebut mengalir untuk petani di enam negara penghasil kakao sebagai bahan baku cokelat yaitu Indonesia, Pantai Gading, Ghana, India, Republik Donimika, dan Brazil.

Di Indonesia sendiri, Mondelez sudah meluncurkan programnya di Papua. “Sampai dengan saat ini kami sudah menggandeng 8.000 petani,” ujar Andi Sitti Asmayanti, Cocoa Life South East Asia Director for Mondelez International, Selasa (11/8).

Mondelez menargetkan menggaet lebih dari 50.000 petani selama sisa waktu program atau delapan tahun lagi. Setelah Papua, Mondelez berikutnya akan masuk ke Sumatera dan Sulawesi.

Advertisements

Andi mengklaim, Mondelez berhasil meningkatkan produktivitas petani mitranya sebesar lima kali lipat dari 300 kilogram (kg) per hektare (ha) menjadi 1,5 ton per ha.

Sayang, Andi enggan mengungkapkan besarnya nilai investasi untuk Indonesia. “Nilainya proporsional tergantung produksi kakao. Yang jelas, sebagai negara penghasil kakao terbesar ketiga di dunia, Indonesia mendapat investasi yang besar,” ujarnya.

Sumber berita: kontan.co.id

Advertisements