Tanaman gambir dikenal dengan nama biologi “Uncaria gambir Robx”. Sejak jaman dahulu pemakaian tanaman gambir banyak digunakan sebagai tanaman tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Tanaman ini bisa tumbuh subur dan merambat dengan bentuk cabang yang lebih panjang. Semua bagian tanaman memiliki duri dengan daun yang berbentuk oval agak bulat. Ujung setiap daun meruncing seperti tanaman suruh. Tangkai daun sangat pendek sehingga tanaman gambir terlihat sangat lebat. Bunga tanaman kelihatan sangat indah dengan warna mahkota bunga pink. Buah gambir ada dibagian dalam dengan banyak biji.

Senyawa pada Gambir dan Proses Pruduksinya

Ada berbagai jenis senyawa yang ditemukan pada gambir. Beberapa bahan yang paling sering ditemukan antaralain adalah seperti agen alkaloid yang lebih sering disebut dengan gambir tanin, dihidro tanin dan okso tanin. Selain itu, gambir juga banyak mengandung katekin dan manfaat senyawa flavonoid.

Gambir dihasilkan dari bagian daun dan ranting yang dihancurkan dengan air panas. Kemudian bahan ini akan didiamkan di sebuah tempat atau cetakan hingga, menghasilkan endapan berwarna kuning dan keras. Hasil akhir gambir akan berwarna hitam atau coklat kekuningan. Pemakaian gambir dilakukan dengan memotong menjadi bentuk yang lebih kecil atau dihancurkan dalam bentuk bubuk.

Manfaat Gambir untuk Kebutuhan Sehari-hari

Tanaman gambir dikenal sebagai tanaman untuk menyirih. Aktivitas menyirih memang sangat populer di Indonesia terutama semenjak ratusan tahun yang lalu. Bahkan beberapa daerah di Indonesia masih menggunakan gambir untuk menyirih hingga saat ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat gambir yang perlu diketahui :

1. Obat Diare

Pada jaman dahulu bagian tanaman gambir banyak digunakan sebagai obat untuk diare yaitu pada bagian daun dan ranting. Daun dan ranting yang sudah dikeringkan, kemudian dihaluskan dan digunakan sebagai bahan teh untuk minuman. Lewat sebuah penelitian ternyata terbukti bahwa bagian daun dan ranting mengandung beberapa bahan bakteri yang bisa menyerang bakteri buruk penyebab diare pada bagian usus besar.

Solusi diare secara alami lainnya juga terdapat pada :

2. Untuk Menyirih

Menyirih adalah sebuah aktifitas untuk mengunyah bagian batang dan daun gambir yang dipercaya bisa memperkuat gigi. Bahan gambir akan meninggalkan warna kemerahan pada bagian gigi namun, terbukti gigi tidak mudah rapuh, tidak berlubang dan sehat. Namun hingga sekarang belum diketahui efek yang sebenarnya. Kebiasan ini sudah ditinggalkan anak muda karena bekas warna merah pada gigi sulit untuk dihilangkan.

Berikut ini beberapa hal yang didapatkan dari kegiatan menyirih :

3. Sumber Antioksidan

Daun gambir mengandung sebuah bahan senyawa kimia yang disebut dengan katekin. Katekin adalah salah satu sumber manfaat antioksidan alami yang bisa menyerang sistem yang terkena radikal bebas. Senyawa ini juga dipercaya sebagai komponen alami untuk menyerang berbagai jenis penyakit. Beberapa negara yang mempercayai perawatan ini adalah seperti India dan Pakistan.

Sejumlah bahan alami lainnya yang menjadi sumber antioksidan, yakni :

4. Mempermudah Proses Menyamak Kulit

Sejak jaman dahulu manfaat gambir juga telah digunakan sebagai bahan untuk mempermudah proses penyamakan kulit. Daging kulit binatang tertentu seperti ular, ikan, buaya dan berbagai jenis hewan lain banyak dimanfaatkan untuk produk aksesoris dan garmen. Bahan gambir membuat proses penyamakan menjadi lebih cepat dan membuat kulit yang dihasilkan tidak cacat.

Sejumlah bahan lainnya yang bisa membantu proses penyamakan kulit yaitu :

5. Pewarna Produk Tekstil Tradisional

Sejak warna merah yang dihasilkan pada gigi ketika menyirih bisa tinggal dalam waktu yang sangat lama, maka beberapa ahli mengembangkan teknik pewarnaan gambir secara tradisional. Cara untuk memeras atau menumbuk daun dan batang kecil gambir ternyata, bisa meninggalkan warna merah untuk berbagai jenis benang dan bahan kapas. Warna merah yang dihasilkan akan lebih tajam dan bisa dikombinasi dengan warna lain. Bahkan sekarang para pengrajin batik mulai menggunakan gambir untuk mewarnai kain batik.

Sejumlah bahan berikut ini sering digunakan sebagai zat pewarna yaitu :

Sejumlah bahan alami lainnya yang menjadi sumber antioksidan, yakni :

6. Obat Gangguan Mulut

Berbagai jenis gangguan atau penyakit mulut seperti sariawan, bibir kering, dan luka gusi ternyata juga bisa sembuh dengan gambir. Sejarah gambir untuk mengatasi berbagai keluhan ini memang tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan menyirih orang tua pada jaman dahulu. Berbagai jenis bahan senyawa yang ditemukan pada gambir bisa mengatasi berbagai keluhan mulut. Caranya hanya denga mengunyah atau menempelkan tumbukan gambir pada bagian yang terluka.

Berikut ini beberapa bahan alami lainnya yang bisa mengatasi gangguan mulut :

7. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar sering meninggalkan bekas hitam atau lapisan kulit luar yang menggelembung dan menyisakan rasa perih. Untuk mempercepat proses penyembuhan maka bisa menggunakan bahan gambir. Daun gambir yang sudah ditumbuk atau dihaluskan bisa ditempelkan pada bagian luka bakar. Efek dingin yang dihasilkan mampu membuat luka bakar cepat sembuh dan meminimalisir bekas luka.

Luka bakar perlu ditangani dengan serius, berikut ini beberapa bahan yang dapat mengobati luka bakar :

8. Obat Jerawat

Gambir juga bisa digunakan sebagai obat jerawat. Gambir yang sudah diolah menjadi bentuk ektrak yang kemudian dipadatkan akan diolah lagi menjadi masker. Kandungan antioksidan dalam gambir bisa membuat luka jerawat dan jerawat sembuh tanpa meninggalkan bekas luka. Pemakaian obat jerawat selama dua kali dalam seminggu juga tidak meninggalkan efek samping untuk jerawat.

Pengobatan jerawat ini, bisa dilakukan pula dengan :

9. Mencegah Penuaan Dini

Berbagai jenis masalah penuaan dini akan menyebabkan timbulnya bintik hitam, kulit yang berkerut dan kulit akan lebih kusam. Ekstrak manfaat gambir yang sudah dibentuk menjadi masker bisa menjadi perawatan tradisional yang alami untuk membuat semua gejala penuaan dini hilang. Gambir akan menghasilkan kulit yang lebih kencang, cerah dan segar. Gambir bisa digunakan sebagai bedak dingin seperti ekstrak bahan beras putih.

Solusi kecantikan kulit lainnya yang mencegah penuaan dini terdapat pada :

10. Obat Penyakit Lambung / Maag

Penyakit maag menyerang bagian lambung. Penyakit ini sering ditandai dengan sakit perut melilit dan perih jika diisi makan. Sakit lambung atau sakit maag bisa disebabkan karena pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan yang terlalu pedas. Untuk mengobati penyakit maag bisa menggunakan ekstrak gambir yang sudah dihaluskan dari gambir kering. Campur gambir dengan sedikit air serta madu dan konsumsi selama dua kali dalam seminggu.

Kondisi maag sebenarnya bisa diatas dengan konsumsi sejumlah bahan alami seperti :

Gambir memang terbukti bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan juga untuk membuat kulit menjadi lebih cantik. Semua bukti mengenai manfaat gambir hanya berdasarkan pengalaman dari beberapa hasil pemakaian. Hanya sedikit manfaat gambir yang sudah pernah diuji. Jadi, hingga saat ini belum ada efek samping yang ditemukan dari pemakaian gambir.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Incoming search terms:

  • pupuk gambir

Tags: artikel budidaya belimbing wuluh, belimbing wuluh obat jerawat, belimbing wuluh pdf, belimbing wuluh untuk jerawat, kandungan belimbing wuluh, khasiat belimbing wuluh kesehatan, klasifikasi belimbing wuluh, manfaat belimbing wuluh
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kulit cempedak bagi kesehatan merupakan informasi yang sangat bermanfaat jika anda ketahui sedini mungkin. Seperti yang sudah pasti anda ketahui, buah cempedak adalah buah yang cukup populer konsumsinya oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan manfaat kulitnya? Sejujurnya, hampir tidak ada yang mengetahui apa manfaat dari kulit cempedak bagi kesehatan. Untuk itulah disusun artikel ini yang […]

Bagi Anda pecinta buah-buahan, apel menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda. Apel diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis apel yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi adalah apel manalagi. Apel ini merupakan apel yang berwarna hijau. Jika pada dasarnya buah-buahan yang memiliki warna kulit yakni hijau, biasaya diindekasikan oleh masyarakat sebagai […]

Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam […]

Masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengenal tentang buah carica ini. Buah Carica hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja. Meskipun buah Carica memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan namun sayangnya buah carica hanya dapat anda temukan di dataran tinggi saja. Buah cariaca merupakan buah yang berasal dari Amerika yang di mana buah […]

Ciplukan merupakan tanaman liar yang biasanya hidup diantara semak-semak. Tingginya berkisar antara 40-70 cm. Tanaman ciplukan memiliki buah berukuran kecil yang terbungkus oleh kelopak yang melingkupinya. Namun dibalik ukurannya yang berukuran kecil ternyata buah ciplukan menyimpan begitu banyak khasiat dan kegunaan. Buah ini memiliki manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Dahulu, sebagian orang membiarkan tanaman ini […]