KRAMATJATI (Pos Kota) – Jelang  Idul Adha, kenaikan harga kebutuhan pokok mulai terjadi. Di pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, harga bawang merah yang mulai merangsek naik yang saat ini mencapai Rp15 ribu dari sebelumnya Rp12 ribu.

Anas, 45, pedagang di Pasar Induk Kramatjati mengatakan, naiknya harga bawang merah telah terjadi sejak sepekan terakhir. Meski begitu, menurutnya kenaikan harga ini masih terbilang wajar. “Harganya naik tapi tidak terlalu berpengaruh. Stoknya juga masih normal,” ujar Anas, Senin (21/9).

Dikatakannya, untuk harga bawang putih sendiri, dinilai masih tetap dari harga sebelumnya seharga Rp18 ribu. Harga itu dinilainya masih relatif stabil dan stok barang pun dianggap cukup hingga pasca lebaran. “Semuanya sih masih normal dan berharap terus seperti ini untuk kedapannya,” kata Anas lagi.

Advertisements

Asisten Manajer Pasar Induk Kramatjati, Sugiyono menjelaskan, perayaan Idul Adha tidak terlalu berpengaruh pada harga sejumlah komoditas di Pasar Induk Kramat Jati. “Harga sayur mayur justru cenderung turun. Kalau naik pun seperti bawang merah itu tidak terlalu signifikan,” katanya.

Meski musim kemarau, lanjutnya, pasokan di pasar induk juga terbilang normal. Bahkan pasokan cabai yang sempat terkendala kekeringan, justru meningkat. “Stok hingga pasca lebaran Idul Adha juga terbilang cukup untuk kebutuhan warga DKI jakarta,” ujarnya.

Dipaparkan Sugiyono, selain naiknya harga bawang merah, kenaikan harga yang terbilang siknifikan juga terjadi untuk harga sayuran seperti tomat yang sebelumnya Rp5.000 menjadi Rp 6.000 per kilogram, wortel dari Rp9.000 menjadi Rp 10.000 per kilogram. “Kenaikannya masih wajar dan tidak terlalu berpengaruh,” ujarnya.

Sedangkan sejumlah harga kebutuhan lainnya di Pasar Induk Kramatjati harganya cenderung turun, seperti pada harga cabai merah keriting dari Rp25 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram. Kemudian harga cabai merah besar yang semula Rp28 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai rawit merah turun dari Rp37 ribu menjadi Rp29 ribu per kilogram. (Ifand)

Advertisements