Merdeka.com – Indonesia dan Malaysia sepakat membentuk Council Palm Oil production Country. Organisasi tersebut bertujuan meningkatkan pemanfaatan kelapa sawit dan produk turunannya.

“Kami berharap organisasi resmi akan dibentuk saat nanti pertemuan antara Perdana Menteri Malaysia dan Presiden Indonesia. Detailnya belum bisa,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli saat konferensi pers, Jakarta, Sabtu (3/10).

Advertisements

Kedua negara sepakat kelapa sawit merupakan komoditas strategis. Untuk itu, perlu kebijakan jangka panjang untuk menjaga komoditas tersebut tidak bernasib seperti gula yang saat ini harus impor.

“Kenapa dari segi penciptaan lapangan pekerjaan, dari segi pendapatan devisa, peningkatan kesejahteraan 50 persen petani sawit adalah petani kecil,” kata dia.

Dia menambahkan kedua negara sepakat melakukan harmonisasi standar. Kemudian, memperbaiki kualitas pengembangan kelapa sawit.

“Keempat memperbaiki research palm oil untuk tingkatkan nilai tambahnya. Kita juga akan mendukung untuk membangun green economic zone untuk beri nilai tambah dan produk turunan palm oil,” pungkas dia.

 

Sumber berita: merdeka.com

Advertisements