Rasa lelah dan penat seringkali kita rasakan terutama setelah melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas keseharian. Keputusan untuk langsung beristirahat di tempat tidur ternyata bukanlah pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah dan penat tersebut. Kenapa? Setelah beraktivitas tentu tubuh kita menjadi kotor, berkeringat dan bau, meskipun kita bekerja di ruangan tertutup dan ber AC. Pada saat kita memutuskan untuk langsung tidur setelah beraktivitas, maka kotoran-kotoran yang masih menempel di tubuh akan membuat tidur kita terasa tidak nyaman. Lalu apa solusinya?

Solusi yang tepat adalah kita harus membersihkan kotoran-kotoran tersebut dengan mandi. Akan tetapi seringkali kita merasa malas mandi terutama pada saat udara terasa dingin. Pada saat-saat seperti itu, mandi dengan menggunakan air hangat merupakan suatu pilihan yang paling tepat. Mengapa? Karena selain dapat membersihkan tubuh dari kotoran, debu, maupun keringat yang masih menempel di tubuh, mandi dengan air hangat ternyata banyak sekali membawa manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut.

Selain menjadi rutinitas dalam upaya menjaga kebersihan diri, mandi dengan air hangat juga dipergunakan sebagai terapi, baik terapi kesehatan maupun terapi kecantikan. Adapun keuntungan yang bisa didaptkan dari mandi air hangat diantaranya adalah :

1. Tubuh menjadi lebih bersih dan segar

Air hangat telah dipercaya lebih efisien untuk membantu mengangkat kotoran-kotoran serta kelebihan minyak yang menempel di kulit, yaitu dengan melebarkan pori-pori di permukaan kulit. Jadi dengan mandi air hangat, tubuh kita akan terasa lebih bersih dan segar, dan dengan tubuh yang bersih, maka pikiran kita pun akan menjadi lebih tenang dan nyaman.

2. Mengendurkan otot yang tegang

Saat seseorang bangun tidur, bisa jadi otot-otot tubuhnya masih dalam keadaan kaku. Hal tersebut dapat memicu terjadinya kram dan dapat menyebabkan kurang lancarnya sistem peredaran darah dalam tubuh. Kondisi yang sama juga bisa terjadi pasca seseorang melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari, dimana hal tersebut dapat menimbulkan otot terasa kaku. Untuk mengatasinya, bisa mencoba untuk berendam dengan menggunakan air hangat dengan suhu mencapai +/- 37°C atau juga bisa menggunakan shower air hangat yang berfungsi sebagai pengganti pijatan lembut.

3. Tubuh menjadi lebih rileks dan terhindar dari stress

Pekerjaan atau aktivitas yang padat dan menumpuk seringkali dapat menimbulkan beban pikiran dan juga stress yang nantinya akan membuat tubuh kita menjadi lemah. Untuk menghindarinya, cobalah untuk berendam dengan menggunakan air hangat dengan suhu +/- 37°C hingga 380°C. Anda juga dapat menambahkan aromaterapy yang Anda sukai, dan bisa juga dilengkapi dengan mendengarkan musik klasik.

Cara membuat suasana lebih tenang lainnya yakni dengan :

4. Melancarkan peredaran darah

Terganggunya sirkulasi darah dalam tubuh akan dapat mengakibatkan berbagai macam keluhan seperti insomnia, masalah dengan persendian akibat arthritis maupun kelelahan dan lain sebagainya. Dengan berendam air hangat +/- selama 5 menit akan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga akan membantu mengurangi keluhan akibat radang persendian, membantu mengurangi rasa sakit, serta membantu proses penyembuhan, meskipun secara tidak permanen.

5. Menyehatkan usus

Berendam dengan menggunakan air hangat juga telah dipercaya dapat merangsang usus besar untuk dapat bekerja dengan baik yang pada akhirnya akan membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh

6. Menghilangkan racun dari dalam tubuh

Dengan melakukan terapi mandi air hangat akan membantu membuka pori-pori pada permukaan kulit yang tersumbat oleh kotoran, sehingga kondisi tersebut akan membantu proses pengeluaran racun-racun dari dalam tubuh.

Efek detoksifikasi lainnya juga didapatkan dari :

7. Mencegah insomnia (gangguan tidur)

Rasa tidak nyaman saat tidur bisa diakibatkan karena tubuh kita tidak bersih alias kotor. Selain itu, insomnia juga bisa disebabkan oleh stress serta ketegangan otot-otot tubuh. Untuk mengatasi kondisi tersebut, tidak perlu mengkonsumsi obat tidur, cukup dengan berendam dengan air hangat selama beberapa saat akan dapat membantu menghilangkan penyebab gangguan tersebut sehingga nantinya tidur akan menjadi lebih pulas. Dan ketika bangun, tubuh akan kembali fit sehingga dapat kembali beraktivitas dengan baik.

8. Membantu menjaga kestabilan suhu tubuh

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga nantinya dapat membantu menjaga agar suhu tubuh kita tetap stabil. Oleh karena itulah, bagi Anda yang sedang demam sangat disarankan untuk mandi dengan air hangat.

9. Membantu penyembuhan batuk

Phlegm atau yang kita kenal dengan dahak/ingus merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya iritasi tenggorokan yang pada akhirnya akan menyebabkan kita batuk-batuk. Berendam dengan air hangat adalah keputusan yang tepat sebagai langkah yang kita ambil untuk mengatasi masalah tersebut. Mengapa? Karena uap panas yang terhirup saat kita sedang berendam dengan air hangat telah dipercaya mampu menghilangkan phlegm yang menyebabkan terjadinya iritasi.

Berikut ini herbal untuk mengatasi batuk lainnya :

10. Menjaga Ph tubuh

Dengan berendam menggunakan air hangat yang telah ditambahkan dengan sedikit cuka selama +/- 15 hingga 20 menit akan membantu menjaga ph dalam tubuh Anda. Kenapa? Karena kandungan senyawa dalam cuka mampu menyeimbangkan zat asam dalam tubuh.

11. Membantu penyembuhan penyakit kulit

Jika anda sedang mengalami masalah atau gangguan pada kulit seperti gatal-gatal, eksema, maupun timbulnya ruam pada kulit. Cobalah mengatasinya dengan cara berendam dengan menggunakan air hangat yang telah dicampurkan dengan natrium bikarbonat (manfaat baking soda) selama +/- 10 hingga 20 menit setiap harinya. Atau Anda juga bisa berendam dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan manfaat belerang. Dalam hal ini, backing soda maupun belerang bertindak sebagai antiseptik yang akan membantu penyembuhan gangguan pada kulit Anda.

12. Baik bagi kesehatan jantung

Dari penjelasan di atas kita telah mengetahui bahwa berendam dengan air hangat selama +/- 10 menit akan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Dengan peredaran darah yang lancar dan sehat, akan dapat memberikan dampak yang positif bagi kinerja organ tubuh, termasuk jantung yang merupakan salah satu organ paling vital dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh para ilmuwan yang telah melakukan penelitian di Jepang.

sponsored links



13. Membantu penyembuhan sakit kepala dan gangguan flu

Saat sakit kepala maupun gejala flu menyerang, merendam kaki dengan menggunakan air hangat akan sangat membantu proses penyembuhannya. Lakukan terapi tersebut secara rutin selama +/- 10 hingga 20 menit setiap harinya. Anda juga dapat menambahkan aromaterapi seperti manfaat  lemon, manfaat bunga lavender, papermint dan lain sebagainya.

14. Menurunkan kadar gula dalam darah

Dalam New England journal of Medicine terdapat hasil sebuah study yang menyatakan bahwa dengan rutin berendam air hangat akan sangat membantu menurunkan kadar gula dalam darah sekitar 13%. Tentu saja hal ini merupakan suatu kabar baik bagi mereka yang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Karena ternyata selain akan terasa nyaman, mandi atau berendam dengan air hangat juga dapat membantu mereka untuk mengatasi masalah yang selama ini mereka hadapi, yaitu tingginya kadar gula dalam darah mereka.

15. Mencegah masuk angin

Dengan adanya sirkulasi darah yang lancar dan baik, maka akan membantu seseorang untuk terhindar dari gangguan masuk angin, terutama pada saat cuaca sedang dingin.

Alternatif pengobatan masuk angin lainnya :

Bahaya Mandi Air Hangat

Ternyata banyak sekali manfaat dari mandi atau berendam dengan air hangat, bukan? Akan tetapi jangan lupa, bahwa segala sesuatu pasti ada baik dan buruknya, termasuk dengan kegiatan mandi atau berendam dengan air hangat. Berikut ini bahayanya :

  • Dapat menimbulkan jerawat

Berendam dengan air hangat memang dapat membuka pori-pori kulit sehingga kita dapat mengeluarkan racun-racun yang bersarang di dalam tubuh dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit akan lebih mudah untuk dibersihkan. Akan tetapi jika pori-pori tersebut tetap terbuka lebar, maka akan berdampak pada resiko tumbuhnya jerawat. Lalu bagaimana mengatasinya? Caranya adalah dengan membilas tubuh kita menggunakan air dingin setelah selesai berendam dengan air hangat, dengan begitu pori-pori akan tertutup kembali.

  • Dapat menurunkan kualitas sperma

Mandi atau berendam dengan air hangat tidak baik bagi reproduksi kaum pria. Kenapa? Karena sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 telah menunjukkan bahwa berendam selama +/- 30 menit dengan air hangat akan dapat menurunkan kualitas sperma, yaitu sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang.

Bagi para wanita yang sedang hamil sebaiknya berhati-hati ketika hendak berendam dengan air hangat dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan suhunya. Mengapa demikian? Karena jika air yang dipergunakan untuk berendam memiliki suhu yang tinggi, justru akan dapat membahayakan kandungan. Kandungan bisa menjadi lemah dan janin bisa lahir dalam kondisi yang tidak sempurna (cacat)

Dalam jangka waktu pendek, mandi dengan air hangat dapat membuat kulit terasa lembab, akan tetapi justru dengan mandi dengan air hangat akan membuat kulit menjad cepat kering jika dibandingkan dengan mandi dengan air dingin

Tips Aman Mandi Air Hangat

Mungkin timbul pertanyaan “Bagaimana sih mandi atau berendam dengan air hangat yang baik agar selain mendapat manfaatnya, juga dapat terhindar dari bahayanya?”

  1. Selalu perhatikan suhu air yang akan dipergunakan untuk mandi atau berendam. Suhu air hangat yang baik adalah sekitar 40 hingga 50°C.
  2. Agar tubuh dapat beradaptasi dengan suhu yang ada, sebaiknya mulailah mandi dengan menggunakan air dingin sedikit demi sedikit, baru kemudian disiran dengan air yang hangat.
  3. Sebaiknya jangan melakukan kegiatan tersebut setiap hari, karena hal ini akan membuat kulit Anda menjadi kering

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Tags: artikel budidaya belimbing wuluh, belimbing wuluh obat jerawat, belimbing wuluh pdf, belimbing wuluh untuk jerawat, kandungan belimbing wuluh, khasiat belimbing wuluh kesehatan, klasifikasi belimbing wuluh, manfaat belimbing wuluh
Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

Kulit cempedak bagi kesehatan merupakan informasi yang sangat bermanfaat jika anda ketahui sedini mungkin. Seperti yang sudah pasti anda ketahui, buah cempedak adalah buah yang cukup populer konsumsinya oleh masyarakat Indonesia. Lalu bagaimanakah dengan manfaat kulitnya? Sejujurnya, hampir tidak ada yang mengetahui apa manfaat dari kulit cempedak bagi kesehatan. Untuk itulah disusun artikel ini yang […]

Bagi Anda pecinta buah-buahan, apel menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk Anda. Apel diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis apel yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi adalah apel manalagi. Apel ini merupakan apel yang berwarna hijau. Jika pada dasarnya buah-buahan yang memiliki warna kulit yakni hijau, biasaya diindekasikan oleh masyarakat sebagai […]

Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam […]

Masih banyak kalangan masyarakat yang belum mengenal tentang buah carica ini. Buah Carica hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja. Meskipun buah Carica memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan namun sayangnya buah carica hanya dapat anda temukan di dataran tinggi saja. Buah cariaca merupakan buah yang berasal dari Amerika yang di mana buah […]

Ciplukan merupakan tanaman liar yang biasanya hidup diantara semak-semak. Tingginya berkisar antara 40-70 cm. Tanaman ciplukan memiliki buah berukuran kecil yang terbungkus oleh kelopak yang melingkupinya. Namun dibalik ukurannya yang berukuran kecil ternyata buah ciplukan menyimpan begitu banyak khasiat dan kegunaan. Buah ini memiliki manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Dahulu, sebagian orang membiarkan tanaman ini […]