Indonesia kaya akan tanaman herbal yang telah digunakan sejak zaman dahulu untuk menghadapi berbagai penyakit atau sekedar untuk menjaga kesehatan tubuh. Penggunaan daun herbal sendiri dinilai efektif dan tidak menimbulkan efek samping terlebih ketika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentu  menjadi alasan tersendiri bagi mereka yang gemar mengonsumsi obat herbal dibandingkan dengan obat – obatan produksi pabrik. Salah jenis tanaman herbal yang banyak digunakan adalah daun bangun-bangun (Coleus amboinicus).

Tanaman yang satu ini memiliki aroma yang cukup khas sehingga dikenal pula sebagai tanaman aromatik. Daun bangun-bangun hidup di daerah tropis dan banyak ditemukan di negara India, Afrika Selatan, dan Ceylon. Ketika masih segar, daun bangun-bangun memiliki bentuk yang tebal, berwarna hijau dengan permukaan daun yang licin.

daun bangun bangunDaun bangun-bangun dapat ditemukan di Indonesia dengan nama yang berbeda – beda pada tiap daerahnya. Di daerah Batak, daun bangun-bangun dikenal sebagai daun bangun-bangun atau torbangun, di daerah Madura daun ini dikenal dengan daun kambing, di Bali disebut dengan daun iwak dan di Jawa Tengah daun bangun-bangun disebut pula dengan Cumin. Daun bangun-bangun memiliki bentuk melingkar, beruas-ruas, dengan diameter kurang lebih 15 mm, bertulang lunak dan mampu berkembangbiak dengan mudah.

Advertisements

Daun bangun-bangun memiliki kandungan flavonoid yaitu apigenin, luteolin, salvigenin, genkwanin dan quercetin. Daun bangun-bangun tidak hanya baik untuk ASI melainkan juga untuk mengobati beragam jenis penyakit. Terutama di negara India, daun bangun-bangun banyak digunakan untuk:

  1. mengobati malaria
  2. mengobati batu ginjal
  3. mengobati hepatopati
  4. mengobati asma kronik
  5. mengatasi kejang
  6. mengatasi cacingan
  7. mencegah cacingan
  8. mengetasi bronkitis
  9. mengatasi cekukan
  10. Anti Tumor
  11. Anti kanker

Selain beragam manfaat daun bangun bangun di atas, ada beberapa manfaat sangat mengejutkan seperti anti tumor dan anti kanker. Daun bangun-bangun juga dikenal sebagai anti inflamasi.

Manfat daun bangun-bangun untuk ibu menyusui

Tumbuhan bangun-bangun banyak dikonsumsi oleh ibu-ibu yang berada di daerah sekitar danau Toba di Sumatera Utara. Para ibu menggunakan daun bangun-bangun untuk meningkatkan produksi ASI mereka. Daun ini banyak digunakan sebagai makanan pendamping nasi layaknya sayuran. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi daun bangun-bangun dapat meningkatkan produksi ASI serta mengembalikan stamina para ibu.

Penelitian ini dilakukan oleh Damanik pada ibu-ibu menyusui di daerah Sumatera Utara menggunakan metoda Focus Group Disscussion (FGD). Selain manfaat daun bangun-bangun yang telah disebutkan diatas ada pula manfaat lain yang telah dipercaya dari beratus-ratus tahun yang lalu yaitu kemampuannya dalam membersihkan rahim. Daun bangun-bangun memiliki kandungan baik berupa saponin, polifenol, flavonoid serta prolaktin dan oksitosin yang berguna dalam meningkatkan  hormon-hormon menyusui.

Masyarakat Sumatera Utara sering mengkonsumsi daun bangun-bangun dengan cara dijadikan sup yang dimasak menggunakan santan kelapa. Daun bangun-bangun juga memiliki kadar zat besi, seng, magnesium serta kalium yang akan bercampur pada ASI sehingga dapat meningkatkan berat badan bayi. Tanaman ini juga telah banyak dikemas ke dalam kaleng yang tentu mempermudah bagi ibu-ibu untuk mengonsumsinya. Selain itu daun bangun-bangun juga dapat digunakan sebagai produk yang dikomersilkan. Namun perlu diingat bahwa untuk memasak daun bangun-bangun terlebih dahulu untuk mendapatkan efek laktogagumnya. Laktogagum merupakan zat yang dipercaya dapat melancarkan serta meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Selain daun bangun-bangun terdapat pula jenis sayuran lain yang dapat meningkatkan laktogagum mulai dari daun katuk (Sauropus androgynus) dan jagung muda ( Zea mays).

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements