Pending Dadih PermanaPending Dadih PermanaBadan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDM) sudah mengalokasikan  104 Balai Penyuluh Kecamatan/Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan, Kehutanan sebagai pangkalan bagi penyuluh pertanian untuk mencapai swasembada gula. Balai-balai penyuluhan ini ada di kecamatan-kecamatan sentra produksi tebu. Pending Dadih Permana, Kepala BPPSDM menyatakan hal ini.

Masalah utama yang dihadapi penyuluh pertanian untuk tebu adalah banyak petani tebu yang sudah dibina oleh pabrik gula. Penyuluh pabrik gula sudah banyak yang membina petani tebu sehingga penyuluh dari balai penyuluh susah masuk.

Advertisements

Karena itu perlu sinergi antara penyuluh pabrik gula dengan penyuluh dari balai penyuluhan. Penyuluh dari balai penyuluhan akan lebih mengutamakan kegiatan di petani swadaya yang belum terjangkau oleh pabrik gula.

Tahun ini Indonesia ditargetkan memproduksi 2,6 juta ton. Sampai Agustus 2015 produksi mencapai 1,24 juta ton akibat El Nino. Indonesia mentargetkan swasembada gula tahun 2019. Tahun 2022 produksi gula ditargetkan mencapai 1 juta ton. Dengan cara ini maka kebutuhan gula baik untuk konsumsi rumah tangga industri bisa dipenuhi. Untuk mencapai target itu maka ada penambahan 630.000 ha penanaman tebu dan pendirikan 22 pabrik gula baru.

 

Advertisements