KRAMATJATI (Pos Kota) – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga kebutuhan pokok mulai merangsek naik. Harga cabai merah keriting naik dari sebelumnya Rp22 ribu/kilogram menjadi Rp28 ribu/kilogram.

Manager Pasar Induk Buah dan Sayur Kramatjati, Nurman Adhi mengatakan, kenaikan harga mulai terjadi dalam tiga hari belakangan ini. Hal itu disebabkan, karena permintaan di pasaran mulai tinggi mendekati perayaan Natal dan pergantian tahun. “Naiknya sudah mulai terasa, namun kenaikannya baru sedikit-sedikit,” katanya, Selasa (8/12).

Menurutnya, selain karena faktor perayaan Natal dan tahun baru, kenaikan harga cabai itu juga disebabkan karena faktor cuaca. Pasalnya, dengan iklim yang terjadi saat ini, menyulitkan petani untuk panen. “Mudah-mudahan kenaikannya yang saat ini mencapai Rp28 ribu/kilogram masih bisa tetap bertahan hingga akhir tahun,” ujarnya.

Advertisements

Dikatakan Nurman, untuk harga kebutuhan lainnya dinilai masih normal. Seperti cabai rawit hijau turun dari sebelumnya Rp22 ribu/kilogram menjadi Rp23 ribu/kilogram. Sementara untuk bawang merah, yang sebelumnya Rp15 ribu/kilogram kini menjadi Rp18 ribu/kilogram. “Kalau untuk bawang putih, harganya masih stabil yaitu Rp19 ribu/kilogram,” ungkapnya.

Meski begitu, kata Nurman, pihaknya menjamin untuk stok cabai dan bawang masih akan cukup hingga akhir tahun 2015. Pasalnya, dalam setiap hari, sekitar 138 ton cabai, terus masuk Pasar Induk Kramatjati. “Begitu juga dengan stok bawang, sayur mayur dan buah yang saat ini stoknya masih aman,” ujarnya. (Ifand)

Advertisements