melati jepangTanaman melati jepang sedikit berbeda dengan tanaman melati biasa. Tanaman ini merupakan jenis tanaman melati yang memang berasal dari negeri empat musim Jepang. Tumbuhan ini merupakan jenis tanaman semak dan merambat dengan tinggi bisa mencapai 0,32 meter.

Daunnya berbentu bulat dangan panjang antara 2,5 sampai 10 cm dan lebar 1,5 sampai 6 cm. Meskipun berasal dari negeri yang cenderung dingin dan memiliki empat musim namun tanaman ini dapat tumbuh lebih cepat di daerah yang cukup mendapat sinar matahari. Tak hanya digunakan sebagai tanaman hias, bunga melati jepang memiliki beragam manfaat. Tak heran jika kemudian banyak yang ingin mengembangkan sendiri bunga melati jepang sebagai ladang bisnis.

Tanaman melati jepang merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Beberapa manfaat melati jepang bagi kesehatan tubuh antara lain:

Advertisements

Melati Jepang Untuk Kesehatan

1. Mengatasi ASI yang keluar berlebihan

Melati jepang dapat digunakan untuk mengatasi ASI yang keluar berlebihan. Bagi yang memiliki bayi maka bisa jadi ASI yang dikeluarkan melebihi kebutuhan bayi tersebut. Tentu saja hal ini bisa membuat diri kita merasa kurang nyaman. Melati jepang bisa digunakan untuk mengatasinya yaitu dengan menumbuk daun melati jepang sampai halus. Tumbukkan tersebut kemudian ditempatkan pada daerah payudara setiap pagi.

2. Mengatasi sakit mata ringan

Sakit mata ringan seperti iritasi sehingga mata merah dapat diatasi dengan menggunakan ramuan daun melati. Gunakan satu genggam daun melati, lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan tumbukan tersebut pada bagian dahi dekat mata. Saat tumbukan kering bisa diganti dengan yang baru.

3. Mengatasi demam

Demam atau panas juga bisa diatasi dengan menggunakan ramuan melati jepang. Caranya yaitu dengan menggunakan satu genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Bahan-bahan tersebut dicampurkan dan diremas-remas. Kemudian direndam ke dalam air. Air rendaman tersebut bisa dijadikan air untuk kompres. Gunakan handuk kecil dan rendam sejenak dalam air rendaman sebelum ditempelkan ke dahi.

4. Mengatasi demam berdarah

Penyakit demam berdarah tergolong sebagai penyakit yang cukup berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian. Selain pengobatan secara medis, pengobatan tradisional juga bisa menjadi pendamping. Melati jepang dapat digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Caranya yaitu dengan merebus 7 lembar daun melati dan belimbing 1,25 gram, di dalam air 250 ml. Rebus sampai air menjadi tinggal satu gelas saja. Dinginkan kemudian saring dan diminum sebanyak 8 gelas sehari selama 3 hari berturut-turut.

5. Mengatasi bengkak karena sengatan lebah

Gigitan lebah atau tawon akan menyebabkan kulit menjadi bengkak. Melati Jepang bisa digunakan untuk mengatasinya. Caranya yaitu dengan menempelkan bunga melati yang sudah dihaluskan pada bagian yang bengkak atau baru disengat oleh lebah. Diamkan selama beberapa saat.

6. Mengatasi sariawan

Masalah sariawan bisa diobati dengan menggunakan rendaman daun melati. Caranya yaitu dengan merendam daun melati yang sudah dibersihkan. Air rendaman tersebut digunakan sebagai obat kumur yang dapat mengatasi masalah sariawan.

7. Teh melati

Melati juga dapat digunakan sebagai campuran teh. Teh yang dicampur dengan melati dapat memiliki aroma khas melati. Kita dapat menemukan produk-produk teh melati ini di pasaran. Teh sendiri merupakan salah satu minuman yang sehat untuk diminum asalkan berasal dari bahan yang berkualitas dan tidak menambahkan terlalu banyak gula.

8. Efek relaksasi

Bunga-bunga melati yang beraroma harum dapat direbus bersama air. Air rebusan tersebut bisa digunakan untuk tambahan pada bak mandi yang dapat menimbulkan efek relaksasi saat menggunakannya untuk mandi.

9. Mengatasi kulit terbakar

Masalah kulit terbakar ternyata dapat diatasi dengan menggunakan produk bunga melati yang berupa lotion khusus yang dioleskan pada bagian kulit yang terbakar tersebut.

10. Mengatasi hidung tersumbat

Masalah hidung tersumbat memang tampak sepele namun ini cukup mengganggu. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan aroma bunga melati yang segar. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghirup aroma bunga melati tersebut.

11. Mengatasi sakit kepala

Bynga melati dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit kepala. Caranya yaitu dengan merendam bunga melati di dalam minyak kelapa selama seharian. Setelah itu minyak yang didapatkan akan dapat membantu menghilangkan masalah sakit kepala.

Manfaat Melati Jepang Sebagai Tanaman Hias dan Bisnis Bibit Melati Jepang

sponsored links



Bunga melati jepang juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman hias ini bisa ditempatkan di halaman rumah baik itu halaman depan, samping, atau halaman belakang. Tanaman melati jepang atau gardena mini juga sangat bagus untuk tanaman pembuatan taman. Warna melati jepang sendiri saat ini mulai beragam dengan ada varietas baru, seperti daun yang berwarna silver dan hijau.

Kita bisa membeli bibit melati hijau untuk ditumbuhkan di halaman rumah sendiri. Tanaman melati yang berupa tanaman perdu ini cocok digunakan sebagai tanaman pembatas. Sebagai pembatas atau pagar kecil, tanaman melati jepang perlu disiapkan dalam jumlah yang memadai. Selain ditanam langsung di tanah, tanaman melati jepang dapat ditumbuhkan di dalam pot.

Cara menanam bunga melati sebagai tanaman hias sendiri sebenarnya tidak begitu sulit. Beberapa langkah untuk menanam bunga melati jepang antara lain:

  • Melakukan pembibitan
  • Menyiapkan bahan botol minuman ringan dengan memberikan lubang pada bagian bawahnya agar air tidak mengendap.
  • Masukkan pupuk kandang dan tanah ke dalam botol sampai ketingiannya sekitar 5 cm.
  • Tanamlah bunga melati bagian tunas baru yang tidak berbunga ke dalam botol tersebut.
  • Tempatkan di suhu lembab yang tidak terkena sinar matahari langsung
  • Tunggu sekitar 3 minggu sampai tumbuh akar lalu pindahkan ke tempat yang lebih besar seperti polybag
  • Bibit tanaman melati Jepang tersebut bisa kita tanamkan pada tempat yang diinginkan misalnya pada halaman rumah. Perawatan dilakukan dengan menyiram dan melakukan pemupukan secara rutin.

Selain itu jika kita sukses melakukan pembibitan sampai  berjumlah banyak maka bisa dijadikan sebagai bisnis bibit bunga melati jepang. Harga bibit melati jepang sendiri dapat kita bandingkan dengan harga yang ada di pasaran. Varietas melati jepang akan berpengaruh juga pada harga dari bibitnya. Jika ingin berbisnis bibit bunga melati jepang ada baiknya mempelajari dahulu caranya sebelum mencobanya. Perlu juga dilakukan perencanaan sehingga bisnis yang dilakukan menjadi sukses.

Manfaat Melati Jepang sebagai Minyak Jasmin

Melati jepang ternyata dapat diolah menjadi minyak jasmin. Minyak jasmin ini memiliki tingkatan kualitas yang berbeda dengan manfaat yang berbeda juga. Selain menggunakannya, kita juga bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis. Berikut ini penjelasan manfaat melati jepang sebagai minyak jasmin:

Minyak melati istimewa merupakan minyak melati dengan kualitas paling tinggi. Bunga melati diekstraksi dengan menggunakan pelarut kimiawi. Minyak melati istimewa dapat digunakan sebagai bahan baku minyak wangi. Aroma melati yang khas membuat minyak wangi dari minyak ini cukup banyak diminati.

Minyak melati dengan kualitas sedang berasal dari bunga melati yang diekstrak menggunakan pelatur benzole. Manfaatnya serupa dengan minyak melati istimewa yaitu sebagai bahan baku minyak wangi namun dengan kualitas sedang.

Minya pomade istimewa diperoleh dari bunga melati yang diproses menggunakan teknik enfleurage. Enfleurage merupakan sebuah proses yang menggunakan lemak padat untuk mendapatkan aroma yang keluar dari tanaman. Hasil yang diperoleh pada bunga melati digunakan sebagai bahan baku minyak rambut.

Minyak pomade biasa merupakan minyak yang dihasilkan dari proses ekstraksi bunga melati bekas enfleurage. Produk yang dihasilkan dari proses ini digunakan sebagai pewangi teknik dengan kualitas sedang atau rendah.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements