JAKARTA (Pos Kota) – Warga Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakpus, Kamis (17/12/2015) panen cabai. Selain untuk dikonsumsi pribadi, hasil panen sebanyak 67 Kg, tersebut pun dikomersilkan dengan cara dijual di pasar-pasar dan tempat pameran.

“Biasanya utama buat konsumsi sendiri dulu, tapi kalau hasilnya banyak kita jualkan juga. Lumayan kan, apalagi kalau harga lagi tinggi,” ucap Joko Ketua RW06, Kelurahan Kebon Kosong, yang juga merupakan ketua kelompok petani di wilayah tersebut.

Menurutnya, puluhan kilogram cabai tersebut diperoleh dari 1.000 batang tanaman cabai yang ditanamnya sejak 3 bulan lalu. “Untuk bibitnya memang kita peroleh dari Bank Indonesia, namun perawatannya kita sendiri lakukan secara swadaya,” jelasnya.

Advertisements

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni, bersama Kasudin KPKP Jakarta Pusat, M.Mulyadi yang turut ikut panen mengaku sempat tidak yakin panen cabai dilakukan di tengah-tengah Ibukota seperti Jakarta Pusat ini.

“Tentunya dengan melihat hasil seperti ini, kita patut kembangkan kembali. Bahkan kalau bisa kita hijauan kampung kita dengan bertanam sayuran, dan jangan sisakan ada lahan sejengkal pun ngganggur,” ungkapnya. Hadir juga, Camat Kemayoran, Herry Purnama, dalam panen tersebut. (deny/ruh)

Teks foto
Warga Kelurahan Kebon Kosong beserta Kadis KPKP DKI Jakarta (kanan), panen cabai. (deny)

Advertisements