JAKARTA (Pos Kota) – Sejak sebelum perayaan Natal hingga menjelang pergantian tahun, ibu rumah tangga mulai kembali dipusingkan dengan tingginya harga kebutuhan pokok.

Pasalnya, harga cabe dan bawang merah mengalami kenaikan yang luar biasa.

Ny. Maisaroh, 39, yang sangat kebingungan dengan harga yang terus naik tersebut. Menurutnya, harga cabai merah saat ini sudah mencapai Rp50 ribu perkilonya. “Sekarang kalau belanja bawa uang Rp100 ribu udah nggak dapat apa-apa, semuanya mahal,”katanya, Jumat (25/12).

Advertisements

Menurutnya, selain harga cabai, bawang merah juga mengalami kenaikan. Saat ini, perkilonya sudah mencapai Rp40 ribu dan dikhawatirkan akan terus naik hingga awal tahun. “Beli bawang Rp5000 cuma secomot. Jadi pusing, soalnya belum buat beli yang lain,” tuturnya.

Terkait hal tersebut, Manajer Pasar Induk Kramatjati, Nurman Adhi mengatakan, saat ini harga cabe dan bawang merah memang mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan perayaan Natal dan pergantian tahun.

“Namun usai perayaan biasanya harga normal kembali,” katanya, Jumat (25/12).

Dikatakan Nurman, kenaikan harga itu juga disebabkan pasokan barang yang menurun. Penyebabnya, kondisi cuaca dan pengiriman yang terlambat, membuat stok berkurang dan kenaikan terjadi. “Namun untuk pasokan cabai di pasar Induk Kramatjati saat ini mencapai 128 ton,” ungkapnya.

Di pasar Kramatjati sendiri, harga bawang merah Rp34 ribu per kilogram. Sementara untuk cabai merah keriting saat ini mencapai Rp38 ribu per kilogram. Untuk cabai merah besar Rp30.500 per kilogram. “Kalau cabe rawit merah Rp28 ribu per kilogram,” papar Nurman Adhi.
(ifand/sir)

Advertisements