KRAMATJATI (Pos Kota) – Harga cabe di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, kembali naik, Senin (4/1). Namun harga bawang merah yang sempat naik pekan lalu, kini mulai berangsur-angsur turun.

Manajer Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Nurman Adhi mengatakan, harga cabe merah keriting saat ini mencapai Rp35.429 per kilogram. Padahal pada Desember lalu harganya sekitar Rp26 ribu sampai Rp34 ribu per kilogram. “Kenaikan ini terjadi karena ada kabar kalau tukang petik tidak ada dan terkendala masalah transportasi,” katanya, Senin (4/1).

Nurman juga menyebut, kenaikan itu juga disebabkan karena pasokan cabe yang sedikit berkurang. Dimana untuk saat ini, pasokan cabe yang ada di pasar Induk saat ini hanya 110 ton. “Pekan lalu atau bulan Desember, pasokan cabe mencapai 115 ton per hari,” tuturnya.

Advertisements

Meski begitu, lanjut Nurman, untuk harga bawang merah saat ini mulai mengalami penurunan. Harga Rp25 ribu per kilogram atau turun Rp1000 dari pekan lalu yang mencapai Rp26 ribu. “Untuk pasokan per hari mencapai 113 ton dan diharapkan mencukupi,” ujarnya.

Nurman juga memprediksi, pada Februari mendatang pasokan akan lebih besar lagi. Sebab di daerah pemasok terbesar yakni di Brebes, Jawa Tengah, memasuki panen raya bawang merah. “Sehingga dipastikan harganya akan menurun kembali,” ungkapnya. (Ifand)

Advertisements