Cemara memiliki manfaat yang sangat banyak ternyata dalam kehidupan. Termasuk untuk beberapa hal yang sangat berpengaruh dan berkaitan langsung dengan kepercayaan atau agama. Penghasil pinus ini memiliki banyak sekali hal atau manfaat yang mampu menjadi daya guna dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk hal tertentu. Berikut ini adalah berbagai macam manfaat cemara dalam berbagai aspek kehidupan.

1. Pohon Natal

Manfaat pohon cemara atau pohon pinus yang paling popular adalah untuk dijadikan pohon natal. Maka dari itulah, beberapa orang juga menyebut naa pohon cemara adalah pohon natal. Ini dikarenakan, setiap natal atau hari raya umat nasrani, pasti banyak pohon cemara yang dihias lampu warna-warni hingga hiasan yang meriah. Karena itulah, pohon cemara juga sering disebut dengan pohon natal.

Advertisements

2. Hiasan Natal

Pinus dari pohon cemara juga mampu memiliki manfaat untuk dijadikan hiasan bagi pohon natal itu sendiri. Tentu saja dengan cara menghias atau menambah tingkat menarik dari pinus untuk dijadikan hiasan natal, yang akan memberikan kesan eksotik dan semakin melekat pada nuansa kental dan meriahnya natal.

3. Obat Cacing

Dengan menggunakan salah satu manfaat dari akar cemara adalah untuk mengobati cacingan. Jika anak terserang cacingan, maka dapat menggunakan akar cemara sebagai salah satu obat yang ampuh dan memiliki kualitas khasiat yang tidak main-main tentunya.

4. Meredakan Batuk hingga Bronkhitis

Banyak yang menjadi manfaat dari cemara. Salah satunya lagi adalah sebagai pereda batuk dan juga bronkhitis. Aroma yang keluar dari cemara ternyata memiliki kualitas guna yang tidak main-main. Salah satunya adalah sebagai pereda batuk dan bahkan Bronkhitis. Tepatnya pada hasil minyak yang ada di pohon cemara jenis penyakit yang dapat disembuhkan oleh cemara juga beragam dari batuk, bronkhitis maupun sinus dapat diredakan dengan pemanfaatan cemara ini.

Hanya dengan meneteskan 3 tetes minyak pohon cemara kedalam wadah atau baskom yang berisi air panas, kemudian dihirup berlahan, hingga terasa nyaman dan berangsur mampu meredakan batuk.

Untuk solusi mengatasi batuk lainnya, juga bisa diperoleh dari :

5. Memperbaiki Kodisi Mental

Pohon cemara juga memiliki fungsi yang mampu memperbaiki kondisi mental seseorang. Dari aroma atau bau yang keluar dari pohon cemara ini memiliki daya guna untuk memperbaiki keadaan yang kurang baik terhadap mental seseorang.

6. Mengandung Vitamin C

Dalam pohon cemara, dihasilkanlah pinus. Nah, pinus inilah yang memiliki kandungan manfaat vitamin C yang nantinya mampu menjadi manfaat lebih yang kiranya tidak kalah bermanfaat seperti jeruk atau jambu yang selalu meduduki peringkat teratas dalam kandungan vitamin C.

7. Minuman Segar

Pohon cemara dapat menghasilkan pinus yang akan memberikan banyak manfaat lebih. Seperti salah satunya adalah menjadikan olahan pinus sebagai sirup maupun minuman segar yang mampu meredakan dahaga.

8. Menghilangkan Sakit Otot

Ada lagi khasiat mengenai cemara yang tidak kalah bermanfaatnya yaitu dengan menggunakannya sebagai obat sakit otot. Dengan menggunakan minyak pinus, maka akan reda sakit otot yang sedang diderita. Hanya saja, sepertinya anda harus menghindari jenis pohon cemara Sylvestris yang justru akan membuat kulit iritasi.

9. Pelindung Jalan

Manfaat cemara yang cantik, hijau, dan rindang juga mampu menjadi pelindung jalan. Hal ini dikarenakan pohon cemara yang mampu tumbuh sangat tinggi dan lebat. Maka, mampu menjadi seolah payung jalanan yang memberikan efek rindang pada jalanan yang disekitarnya yang ditumbuhi dengan pohon cemara.

10. Bumbu Masakan

Jangan salah, pohon cemara juga bisa diolah bagian kambiumnya untuk dijadikan bumbu masakan yang nantinya akan memberikan rasa lebih sedap pada masakan. Hal ini merupakan salah satu olahan yang akan sangat membantu dari cemara untuk olahan masakan.

11. Menyehatkan Kulit

Ada juga manfaat yang tidak terduga dari pohon cemara, terutama pada bagian kulitnya yang ternyata mengandung vitamin C yang baik untuk meremajakan kulit tubuh. Jadi ada baik adanya daya guna kulit pohon cemara untuk digunakan sebagai vitamin atau suplemen kulit yang akan memberikan aroma sedap, hingga kandungan yang mengesankan bagi kulit tubuh.

untuk menyehatkan kulit lainnya, bisa diperoleh dengan :

12. Mencegah Abrasi

Untuk mencegah abrasi adalah lanjutan dari sederet manfaat dari pohon cemara. Dengan menanam pohon cemara, maka dapat mencegah abrasi yang terjadi di pantai. Mengapa pohon cemara yang dipilih untuk pencegahan abrasi? karena pohon pinus ini memiliki daya tahan yang bagus terhadap air laut. Bukan hanya itu, karena pohon cemara juga sangat tahan dengan guncangan angin. Maka dari itulah, pohon cemara yang dipilih untuk mencegah terjadinya abrasi di pantai.

sponsored links



13. Menyejukkan Pesisir Pantai

Dengan adanya pohon cemara yang ditanam di pesisir pantai, maka akan timbul rasa sejuk. Hal ini dikarenakan daun yang rimbun dari pohon cemara mampu membuat daerah sekitar pantai menjadi sejuk dan tidak terasa gersang serta panas.

14. Penyubur Tanah

Pohon cemara memiliki daun yang lebat dan sangat rindang. Maka dari itulah, akan menjadi hal yang umum apabila dedaunnya yang mulai menua akan jatuh atau rontok ke tanah. Namun jangan salah, rontokan dari daun pohon cemara tersebut justru akan menjadi humus yang akan baik dan mampu memperbaiki kondisi tanah.

15. Pelindung Tanaman

Dengan menanami banyak pohon cemara contohnya cemara udang, maka akan memberikan efek yang luar biasa menguntungkan bagi tanaman. Maka tanaman yang butuh perlindungan seperti bawang merah, kacang tanah, atau juga kedelai dapat terlindung dari bahayanya angin yang mungkin mampu menghempas tanaman-tanaman tersebut.

16. Sahabat Petani

Bagi petani palawija, tentu akan sangat membutuhkan perlindungan khusus bagi tanamannya yang ingin selalu subur dan terlindung dari bahayanya hujan lebat maupun angin yang lebat. Maka dari itulah, pohon cemara mampu menjadi pelindung dan sahabat petani karena dapat melindungi tanaman palawija dari kencangnya angin.

17. Benteng Terhadap Tsunami

Dengan menanam pohon cemara udang, maka akan sangat berpengaruh bagi keselamatan masyarakat dari ancaman tsunami. Hal ini dikarenakan daya lindung pohon cemara udang yang dapat menahan tiupan angin yang sangat kencang. Bukan hanaya itu, karena daerah pesisir pantai sangat banyak resiko akan bahayanya lautan, jadi, pohon cemara juga dapat menahan tiupan dahsyat angin laut, hingga terpaan pasir.

18. Hiasan Rumah

Banyak yang menggunakan daun pohon cemara untuk dijadikan hiasan rumah. Dengan daun yang memiliki banyak khasiat dan memiliki bentuk yang lain daripada yang lain, maka dapat digunakan sebagai penghias rumah agar tetap menjadi indah dan semakin menambah unik isi rumah.

19. Kerajinan Ranting Cemara

Kerajinan tangan sepertinya mampu menjadi gudang ide kreatif dalam memanfaatkan hal-hal yang sering tidak terfikirkan. Begitu pula dengan kerajinan miniatur yang terbuat dari ranting pohon cemara. Ranting cemara yang unik dan mampu disulap menjadi kerajinan tangan yang sangat kreatif dan memiliki nilai seni tinggi.

20. Kerajinan Pinus

Pinus dari pohon cemara juga tidak kalah menarik. Pinus tersebut dapat menjadi kerajinan tangan yang memiliki harga jual tinggi karena tingkat nilai klasik dan menariknya. Selain itu, pinus juga memiliki banyak manfaat dalam dunia kerajinan sehingga mampu memiliki kisaran harga yang juga tidak murah karena akan menurut dengan tingkat kerumitan untuk pembuatan kerajinan tersebut.

Itulah tadi manfaat mengenai cemara. semoga mampu menjadi wawasan baru yang akan bermanfaat dan akan memberikan inspirasi baru.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements