JAKARTA (Pos Kota) – Memasuki musim penghujan, Harga sayuran naik akibat stok panen mulai berkurang hingga pasokan ke pasar Cibubur, Jakarta Timur pun ikut berkurang. Ini menjadi salah satu alasan harga sayur-mayur merangkak naik terus  tiga pekan ini.

“Cabai, kol, wortel, kentang, kacang panjang, hampir semua harganya naik, tapi Kalau yang  lagi nggak naik kayak bawang putih dan bawang merah,” tutur Muji, (30) pedagang sayur kepada poskotanews di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Senin (25/1/2016).

Joko, pedagang sayur Pasar Timbul, Cipedak, Jakarta Selatan, mengatakan hal yang senada. Harga beragam sayuran naik karena kurangnya stok.  “Harga jualan saya naik juga mulai dari kentang yang biasanya saya jual Rp10.000 per kilo sekarang jadi Rp14.000 per kilo, bawang putih yang dulu Rp24.000 sekarang jadi Rp32.000 per kilonya,” ujarnya pada poskotanews.

Namun, lanjutnya, tidak semua harga sayur naik. Beberapa ada yang turun meskipun tidak mendominasi di antaranya kacang panjang yang biasanya Rp20.000 sekarang turun menjadi Rp8.000 per kilo, serta cabai merah pun ikut menurun dari harga Rp40.000 menjadi Rp30.000 per kilonya.

Seretnya Pasokan

Menurut Muji, seretnya pasokan sayuran dari sentra di daerah menjadi penyebabnya. Pasokan di Pasar Induk pun mulai berkurang. “Kan sekarang sudah masuk musim hujan jadi stoknya berkurang dari daerahnya. Barangnya sedikit yang cari banyak jadinya cepat habis. Padahal kasihan yang pembeli kalau harganya mahal terus,” ujar Muji.

Bukan hanya itu, sebagian pembeli pun mengeluhkan beberapa harga sayuran yang naik. Salah seorang pembelu bernama Nur, mengatakan, dia sudah langganan, tapi tetap dikasih harga naik.

“Saya sih, sebenarnya sudah langganan, beli juga buat jualan lagi di rumah, tapi tetep aja naik. Saya jadi bingung mau naikin harga ke pembeli juga kalau harga enggak turun-turun,” demikian dilontarkan Nur.

Gara-gara PPN Daging

Adanya pemberlakuan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) pada harga daging sapi juga dianggap salah satu faktor lain yang juga mengakibatkan harga sayur meningkat. “Kayaknya sih gara-gara ada PPN jadinya harga sayur ikutan naik,” ujar Sri astuti, pembeli di Pasar Timbul.

Menanggapi PPN pada daging sapi, Gubernur DKI Jakarta (Ahok) mengatakan, pihaknya sudah meminta langsung petugas agar masuk dan beli langsung kemudian kirim. “Kemarin itu kita telat PMP ( Penyertaan Modal Pemerintah) untuk disetujui pada APBD 2016 sehingga untuk meningkatkan stok sapi jadi sulit,” demikian ujar Ahok usai hadiri undangan peresemian Griya Gus Dur, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/1/2016). (PNJ-33/win)

Advertisements

Artikel Terkait Lainnya

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok pangan aman untuk menghadapi Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Selain itu, harga pangan juga dipastikan tidak akan menekan konsumen. Demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi  dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 yang diselenggarakan di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (13/5/2019). “Kami telah berkoordinasi dengan kementerian/lembaga […]

BEKASI  – Harga sembako galam kelompok bumbu dapur cenderung masih tinggi alias mahal. Hal ini terdapat pada golongan bawang yaitu bawang putih kating yang bertahan sebulan belakangan ini Rp60 ribu/kg. Sedangkan bawang putih banci atau biasa hanya Rp45 ribu/kg. “Saking mahalnya bawang putih kating nggak dijual. Adanya banci. Siapa yang mau beli. Emak-emak pada teriak […]

SUKABUMI – Harga komoditi cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Sukabumi, Jawa Barat turun. Dari harga pekan lalu Rp24 ribu per kilogramnya turun Rp6 ribu, kini Rp18 ribu. Penurunan juga dialami harga komoditi cabai rawit merah sebesar Rp4 ribu. Kini harganya Rp28 ribu dari sebelumnya Rp32 ribu per kilogramnya. Begitupun bawang putih impor, […]

JAKARTA – Pedagang ketoprak sejak seminggu belakangan mengurangi takaran bawang putih untuk sepiring dagangan yang dijualnya. Hal itu dilakukan lantaran harga bumbu dapur ini terus meroket sehingga membuat mereka teriak. Slamet, 41, pedagang di wilayah Jatinegara yang mengaku harus sedikit mengurangi takaran bumbu. Pasalnya, harga bawang putih dinilai sudah sangat tinggi dan membuatnya kebingungan. “Beli […]

JAKARTA – Lahan kosong milik Kebun Bibit Pertanian di Jalan Aselih, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan milik Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta yang kosong dimanfaatkan untuk ditanami sayur-sayuran. Ini dilakukan selain mengantisipasi diserobot orang juga untuk menambah perekonomian masyarakat. Fatmawati, 52,warga RW 05 Ciganjur mengaku senang bisa memanfaatkan lahan kosong ini. Sebab […]