Lidah mertua merupakan tanaman yang bisa dijadikan apotek hidup atau sebagai tanaman hias saja. Sebagian orang memang tidak ingin repot dengan obat herbal sehingga, tanaman herbal kadang hanya sebagai hiasan saja. Namun lidah mertua bisa menjadi salah satu tanaman favorit karena banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh walaupun hanya dijadikan tanaman hias saja. Selain itu, lidah mertua juga bisa dijadikan sebagai obat herbal. Tanaman lidah mertua sendiri mengandung pregnane glycoside yang dapat menguraikan racun. Beberapa manfaat tanaman lidah mertua bagi lingkungan dan kesehatan antara lain :

manfaat tanaman lidah mertua

1. Dapat menyerap polusi

Advertisements

Tanaman lidah mertua mampu menyerap polusi udara. Polusi udara perlu diwaspadai karena bisa menjadi sumber dari berbagai penyakit. Tanaman lidah mertua bisa ditempatkan di tempat strategis di rumah untuk menyerap polusi. Polusi yang diserap bukan hanya polisi dari kendaraan bermotor namun polusi dari asap rokok dan sejenisnya juga bisa diserap oleh tanaman ini. Jadi memiliki tanaman lidah mertua di rumah bisa membuat kualitas udara menjadi lebih baik. Kita tak perlu repot-repot mengolah tanaman ini untuk merasakan manfaatnya menyerap polusi udara. Cukup menempatkannya saja seperti tanaman hias walaupun fungsinya lebih dari menghiasi rumah.

2. Dapat menyerap radiasi

Selain polusi, lidah mertua juga dapat menyerap radiasi. Radiasi bisa dipancarkan oleh barang-barang eletronik seperti televisi, komputer, handphone dan sejenisnya. Jadi tanaman lidah mertua bisa ditempatkan di ruangan yang banyak digunakan barang elektronik tersebut misalnya saja di ruang keluarga. Rumah akan menjadi tempat yang lebih sehat dengan adanya tanaman lidah mertua yang ditempatkan di dalamnya.

3. Memproduksi Oksigen

Manfaat oksigen sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk proses pernapasan. Tanaman lidah mertua menjadi salah satu tanaman yang menghasilkan oksigen tinggi. Kandungan klorofil pada lidah mertua sangat banyak sehingga dapat membantu proses fotosintesis. Itu juga yang akhirnya menyebabkan produksi oksigen yang dikeluarkan menjadi sangat tinggi. Tanaman lidah mertua ini bisa ditempatkan di tempat-tempat strategis seperti di dalam rumah ataupun di teras rumah tempat keluarga bersantai. Jadi rumah yang memiliki lidah mertua cenderung lebih menyehatkan pemiliknya.

4. Menyembuhkan sakit kepala

Lidah mertua dapat menyembuhkan sakit kepala yaitu dengan mengolahnya terlebih dahulu yaitu dibakar. Lidah mertua yang dibakar tersebut dapat dimanfaatkan untuk obat sakit kepala. Sakit kepala sendiri memang perlu segera diatasi agar tak mengganggu aktivitas. Meskipun demikian penyebab sakit kepala juga perlu diketahui karena bisa jadi karena ada penyakit lainnya.

Pengobatan sakit kepala juga bisa diperoleh dari :

sponsored links



5. Sebagai pagar rumah

Tanaman lidah mertua yang daunnya besar-besar cocok digunakan sebagai pagar hidup. Pagar hidup yang menggunakan tanaman lidah mertua memiliki kelebihan tersendiri. Selain enak dipandang, tanaman lidah mertua mampu menyerap polusi dan menghasilkan oksigen sehingga dapat menyehatkan rumah. Pagar hidup dari lidah mertua bisa diikuti dengan pagar yang lebih aman jika memang rumah membutuhkan keamanan lebih.

6. Sebagai pengharum ruangan

Bunga lidah mertua memiliki aroma khas. Aroma tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengharum ruangan. Di beberapa negara seperti China dan Perancis, aroma dari bunga lidah mertua dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. Pengharum tersebut dapat digunakan pada ruangan yang sening meninggalkan bau kurang sedap seperti kamar mandi, tempat cuci piring, ataupun dapur.

7. Sebagai antiseptik

Seperti yang diulas pada awal artikel, lidah mertua memiliki kandungan anti racun. Kandungan tersebut bisa digunakan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman. Antiseptik tersebut dapat digunakan untuk membersihkan luka agar terbebas dari kuman yang dapat menginfeksi luka. Lidah mertua juga bisa dijadikan sebagai sabun antibakteri. Sabun transparan dari lidah buaya dapat membersihkan tubuh sekaligus dapat membunuh kuman pada tubuh.

8. Sebagai obat wasir

Penyakit wasir merupakan penyakit yang cukup menyusahkan karena menimbulkan rasa sakit dan mengganggu proses buang air besar. Tanaman lidah mertua ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi wasir. Tanaman lidah mertua kaya akan serat sehingga dapat membantu memperlancar proses buang air besar.

9. Ramuan diabetes

Manfaat lidah mertua bagi kesehatan digunakan untuk ramuan herbal yang dapat menurunkan risiko diabetes atau kencing manis. Ramuan tersebut dibuat dengan cara merebus daun lidah mertua. Setelah itu meminum sarinya. Diabetes sendiri dapat dicegah dengan cara mengatur konsumsi gula agar tidak berlebihan.

herbal untuk diabetes lainnya juga :

10. Sebagai kerajinan tangan

Lidah mertua ternyata dapat digunakan untuk bahan anyaman. Hal ini mungkin tak umum dilakukan di Indonesia, namun masyarakat Jepang menggunakan lidah mertua untuk membuat kain atau anyaman. Serat yang dihasilkan oleh lidah mertua kualitasnya baik, lembut, serta kuat.

11. Ramuan untuk tekanan darah tinggi, diare, radang lambung

Lidah mertua bisa dijadikan ramuan yang dapat mengatasi beberapa jenis penyakit antara lain penyakit tekanan darah tinggi, radang pada saluran pernapasan, radang lambung, radang usus, diare dan bahkan digigit ular. Cara membuat ramuan tersebut yaitu dengan merebus akar lidah mertua yang sudah dibersihkan (27 gram akar dengan tiga gelas air). Air rebusan tersebut dapat disaring dan diminum sebanyak dua kali dalam sehari masing-masing setengah gelas.

Solusi Meningkatkan Hasil Panen Buah dan Sayuran

Alphamien – Nutrisi Organik Cair, Membuat Tanaman Lebih Sehat dan Energik

Hasil Panen Meningkat, Ramah Lingkungan aman untuk manusia dan ternak
isi 1 Liter

Untuk Harga Silahkan SMS Kami ke 087899161334 / 081278351356

Tanda Nomor Industri : 530/87/421.107/tdi/2008

Kandungan : Mix Konsorsium Bakteri, Enzim Organik, Mineral Organik ( N, P, K, Ca, Cl, Fe, Mg, Mn, Zn), Asam Amino dan Extrak Jerami

Manfaat :

  • Sayuran, buah dan tanaman hias/bunga menjadi lebih bercahaya dan sehat
  • meningkatkan mutu dan bobot hasil panen
  • menghilangkan residu pestisida yang menempel didaun bunga dan buah
  • meningkatkan kelezatan rasa sayuran dan buah
  • melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • meningkatkan kesegaran hasil panen dua kali lipat
  • memperbaiki dan memperkaya bahan organik tanah

Karakteristik

Menghilangkan residu pestisida dari jenis Organochiorin : Aldrin, Endrin, Dieldrin, Heptachlor, Klorpiripos, Lindan, BHC, DDE, DDT dan Endosulfan yang menempel pada daun, bunga dan buah.

Aplikasi tanaman : penyiraman dan penyemprotan untuk tanaman buah, sayuran dan tanaman hias, Padi, Jagung, dan tanaman lainnya

cara pemakaian

pada tanaman buah

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu pada umur tanaman 2 bulan masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman sayur

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

pada tanaman hias

– encerkan Alphamien dengan perbandingan 1 tutup botol pupuk alphamien dengan 5 liter air, aduk hingga rata, semprotkan dengan menggunakan spinkler, 1 kali seminggu selama masa pemeliharaan hingga menjelang panen.

UNTUK HARGA / KETERSEDIAAN BARANG SILAHKAN SMS KE 081278351356 / 087899161334 – BPK ROYAN – NO CALL

Cara Pemesanan : SMS ke 081278351356 / 087899161334, tuliskan : Pesan Pupuk Alphamien, Jumlah yang dipesan, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (untuk menentukan ongkos kirim)

Contoh SMS :
Pesan Pupuk Alphamien, 2 botol , Tono, Jl. Kalibaru Timur Rt 004/01 Pasar Nangka Kel. Utan Panjang Kec. Kemayoran, Jakarta 10620

Dan Kami akan membalas sms Anda untuk Data transfer dan konfirmasi Pengiriman Pupuk Alphamien ke Anda.

Untuk waktu malam hari, Anda tetap bisa sms order Anda dan pada pagi hari kami akan membalas sms Anda.

Advertisements