JAKARTA (Pos Kota) – Dalam dua hari belakangan ini sejumlah sayuran di pasar tradisional, terlebih cabe rawit merah dan bawang merah mengalami lonjakan harga tinggi, Jumat (11/3/2016). Seperti rawit merah, tembus hingga Rp95 ribu – Rp100 ribu/ Kg dan bawang merah, Rp40 ribu/ Kg.

“Ya memang, lonjakan harga terasa pada cabe rawit merah dan bawang merah. Kenaikan dalam dua hari ini saja bisa mencapai empat puluh ribu, padahal sebelumnya harga cabai enam puluh ribu,” ucap Makmun, salah seorang pedagang sayuran di Blok III, Pasar Senen, Jakpus. Selain kedua jenis sayuran tersebut, sambungnya, kenaikan harga juga terjadi seperti pada bayem yakni sebesar Rp2.000/ ikat dari harga Rp3.000/ ikatnya kini menjadi Rp5.000/ ikat. “Sedangkan untuk harga sayuran yang lainnya stabil, kalau pun naik tidak terlalu tinggi,” jelasnya.

Dengan terjadinya lonjakan harga untuk sebagian jenis sayuran tersebut, sambung Maknun, banyak pembeli yang komplen bahkan mengurungkan niatnya. “Kalau pun mereka terpaksa beli, itu pun jumlahnya dikurangi tidak sebanyak seperti biasanya,” paparnya. Reza, pedagang sayur lainnya di Pasar Senen, mengaku tidak ingin mengambil resiko dan memilih menjual cabai dan bawang yang merupakan stock lama. “Kalau pun ada ini saya jualan hanya untuk menghabiskan saja, karena banyak yang lain juga lebih milih tutup,” terangnya. (deny/yh)

Advertisements

Advertisements