JAKARTA (Pos Kota)- Tidak hanya beras, pemerintan melalui Kementerian Pertanian juga memastikan bahwa stok bahan pangan seperti minyak, cabai, bawang merah, bawang putih, gula dan lainnya selama puasa dan Lebaran aman.

“Pemerintah berupaya terus menstabilkan harga sembako,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Gardjita Budi.

Menurut dia, selain bahan pangan pokok, komoditas ayam dan telur juga dinilai akan mencukupi. Termasuk daging sapi dan ayam negeri, dipastikan akan aman.

Advertisements

Dia memaparkan, pemerintah terus berupaya agar harga tidak fluktuatif, caranya dengan mendorong keterbukaan terhadap pedagang kecil. Sehingga pedagang kecil bisa menjual langsung dan tidak dimonopoli pedagang besar.

Kementan mewaspadai produksi cabai menjelang Ramadhan hingga Lebaran 2016 agar stok selalu tersedia dengan harga jual di masyarakat tidak terlalu mahal, namun juga tak merugikan petani.
“Ramadhan sebentar lagi akan datang di mana pada saat itu kebutuhan cabai pasti akan meningkat untuk konsumsi, sehingga perlu diambil langkah antisipasi,” kata Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono Kamino.

Salah satu program yang telah dilakukan Kementan agar pasokan cabai terpenuhi, katanya, adalah dengan mencanangkan Gerakan Tanam Cabai Di Musim Kemarau (GTCK) yang telah dimulai 2015. Gerakan yang dilakukan di seluruh sentra produksi cabai nasional itu, katanya, penting untuk menjamin pasokan komoditas tersebut selalu terpenuhi.(Faisal)

Advertisements